Penerapan model peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas IVC SDN Dinoyo 2 Kota Malang / Relaxa Inggit Putra

Putra, Relaxa Inggit (2019) Penerapan model peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas IVC SDN Dinoyo 2 Kota Malang / Relaxa Inggit Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Putra, Relaxa Inggit. 2018. Penerapan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVC SDN Dinoyo 2 Kota Malang. Skripsi, Prodi S1- Pendidik an Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dimyati, S.Pd, M.Pd, (II) Dra. Nur Hanifah, M.Pd. Kata kunci: Peta Pikiran, Aktivitas, Hasil Belajar. Peta Pikiran (Mind Mapping) dapat membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terutama yang berhubungan dengan sumber daya alam. Dari hasil observasi awal penelitian diperoleh data aktivitas siswa dalam pembelajaran lebih banyak mendengarkan, membaca materi, mencatat, dan mengerjakan soal sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa kelas IVC dari 34 siswa hanya 11 siswa yang mencapai KKM yaitu 71. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model peta pikiran (Mind Mapping). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan model peta pikiran (Mind Mapping) pada pembelajaran, (2) aktivitas belajar siswa, dan (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model peta pikiran (Mind Mapping). Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan menggunakan model peta pikiran (Mind Mapping). Subjek penelitian siswa kelas IVC. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penerapan model peta pikiran (Mind Mapping) dalam pembelajaran persentase keberhasilan mencapai 72% pada siklus I dan meningkat mencapai 97% pada siklus II, peningkatan pada siklus I dan siklus II mencapai sebesar 25%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I 67% dan pada siklus II mencapai 96% sehingga mengalami peningkatan mencapai sebesar 29%. Hasil belajar siswa pada pratindakan rata-rata nilai siswa mencapai 69,11%, pada siklus I mencapai 77,7%, dan pada siklus II mencapai 87%, peningkatan hasil belajar pratindakan ke siklus I mencapai 14%, dan peningkatan dari siklus I ke siklus II mencapai sebesar 21%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model peta pikiran (Mind Mapping) telah dilaksanakan dengan baik dan dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan kepada guru untuk menggunakan model peta pikiran (Mind Mapping) sebagai salah satu acuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya supaya melakukan inovasi dalam menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6951

Actions (login required)

View Item View Item