Peran administratif kepala sekolah dalam bidang pengelolaan kurikulum dan pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Kota Malang / Mutiara Firdaus

Firdaus, Mutiara (2019) Peran administratif kepala sekolah dalam bidang pengelolaan kurikulum dan pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Kota Malang / Mutiara Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Firdaus, Mutiara. 2018. Peran Administratif Kepala Sekolah dalam Bidang Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sutarno, M.Pd., (II) Drs. Syaiful Imam, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Peran Kepala Sekolah, Kurikulum 2013 Berdasarkan hasil pengamatan sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti, peran kepala sekolah di SDN Kauman 1 Malang sangat berpengaruh terhadap prestasi yang didapatkan oleh sekolah selama ini sehingga menjadikan sekolah ini salah satu sekolah favorit di Malang. Implementasi kurikulum 2013 yang telah dijalankan perlu diteliti untuk mengetahui peran administratif kepala sekolah selama proses pengelolaan dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran kepala sekolah terkait dengan bidang administratif dalam implementasi Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Metode ini dilaksankan sebagai upaya untuk mencari informasi mengenai bagaimana peran kepala sekolah terkait dengan bidang administratif dalam implementasi Kurikulum 2013 melalui wawancara dan observasi langsung. Berdasarkan hasil penelitian, peran administratif kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 Di SDN Kauman 1 Malang antara lain dilakukan dengan perencanaan dengan menguraikan dalam garis-garis besar hal-hal yang harus dikerjakan dan metode ke arah pelaksanaan tujuan kurikulum; pengorganisasian dengan penentuan suatu kerangka yang menunjukkan wewenang untuk mengatur bagian-bagian dan membatasinya, serta mengoordinasikannya untuk tujuan tertentu; menyusun Tim dan Administratif dengan dan melatih personel dalam pelaksanaan implementasi K 2013; kepala sekolah suatu tugas secara terus-menerus dengan membuat keputusan-keputusan dan mencantumkannya ke dalam peraturan- peraturan umum dan instruksi-instruksi; mengoordinasi dengan menghubung-hubungkan berbagai bagian dari pekerjaan agar semua anggota kelompok mendapatkan keputusan yang sama; dan menentukan anggaran belanja dengan perencanaan mengenai keuangan dan pertanggungjawaban dan kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6950

Actions (login required)

View Item View Item