Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 2 Karangwidoro Kecamatan Dau Kabupaten Malang / Neni Meilina

Meilina, Neni (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 2 Karangwidoro Kecamatan Dau Kabupaten Malang / Neni Meilina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Meilina, Neni. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Karangwidoro Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Skripsi, Prodi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dimyati, S.Pd., M.Pd, (II) Drs. Achmad Taufiq, M.Pd. Kata kunci: Team Game Turnamen (TGT), Aktivitas, Hasil Belajar Hasil observasi pratindakan pada tanggal 1 Oktober 2018 di SD Negeri 2 Karangwidoro Kabupaten Malang, diperoleh data hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata kelas kurang dari kkm yaitu 70 dan ditemukan fakta bahwa siswa kelas IV ketika melakukan kegiatan pembelajaran secara berkelompok ada kecenderungan siswa sibuk sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bagaimana penerapan model kooperatif tipe TGT pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Karangwidoro Kabupaten Malang, (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa kelas IV di SD Negeri 2 Karangwidoro Kabupaten Malang selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT, (3) Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 2 Karangwidoro Kabupaten Malang setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 9 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Team Game Turnamen (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata aktivitas siswa dalam kerja kelompok pada pertemuan pertama yaitu 72,91 dan pada pertemuan kedua yaitu 77,1. Siklus II nilai rata-rata aktivitas siswa dalam kerja kelompok pada pertemuan pertama yaitu 81,25 dan pada pertemuan kedua yaitu 91,67. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama dengan rata-rata yakni 70,72 dan pertemuan kedua dengan rata-rata yakni 73,9. Siklus II pertemuan pertama dengan rata-rata yakni 80 dan pertemuan kedua dengan rata-rata yakni 84,72.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6949

Actions (login required)

View Item View Item