Hidayatulloh, Moh. Farid (2018) Analisis kesalahan kalimat efektif dalam karangan narasi siswa kelas IV di SDN Ampeldento 2 Kec. Pakis Kab. Malang / Moh. Farid Hidayatulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Hidayatulloh Moh. Farid. 2018 Analisis Kesalahan Kalimat Efektif Dalam Krangan Narasi Siswa Kelas IV SDN Ampeldento 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Achmad Taufiq S.Pd. M.Pd (2) Drs. Sjafruddin A.R S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kalimat Efektif Kesalahan Kalimat Efektif dalam Karangan Narasi Bahasa merupakan alat komunikasi antar sesama umat manusia. Bahasa merupakan bagian penting dari aktivitas kehidupan manusia. Tanpa bahasa mungkin aktivitas manusia terasa hampa mungkin terganggu atau mungkin tidak dapat berjalan dengan baik. Karena pada dasarnya manusia itu adalah makhluk sosial yakni manusia yang tidak bisa hidup sendiri melainkan manusia itu membutuhkan orang lain untuk berinterkasi dan berkomunikasi. Dengan adanya fakta tersebut bahasa digunakan juga digunakan di segala bidang yaitu ekonomi social politik dan juga pendidikan. Latar Belakang mengambil judul ini dikarenakan masih banyaknya kesalahan siswa dalam menulis kalimat efektif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menulis karangan cerita pendek pada ciri kalimat efektif keparalelan kehematan kecermatan di kelas IV SDN Ampeldento II Kecamatan Pakis Kabupaten Malang Penelitian ini difokuskan mengenai kesalahan-kesalahan siswa dalam menulis kalimat efektif pada ciri keparalelan kehematan dan kecermatan di kelas IV SDN Ampeldento 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan jenis penelitian ini adalah didasarkan kesesuaian dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan kalimat efektif siswa dalam karangan narasi siswa. Hasil penelitian akan dijelaskan sebagai berikut. Kesalahan kalimat efektif siswa pada ciri kehematan sebanyak 38 kesalahan. Kesalahan kalimat efektif siswa pada ciri kecermatan sebanyak 27 kesalahan. Dan ridak ada kesalahan kalimat efektif pada ciri keparalelan. Dari hasil tersebut siswa sudah memahami tentang kalimat efektif karena kesalahan yang ada di setiap karangan siswa hanya sedikit. Saran bagi guru sebaiknya guru lebih sering memberikan latihan penulisan kalimat efektif kepada siswa. Supaya siswa bisa lebih paham. Saran bagi penelitian lain mungkin bisa menggunakan model atau pendekatan untuk meningkatkan hasil penulisan kalimat efektif karena penelitian ini hanya gambaran kesalahan-kesalahan kalimat efektif dalam karangan narasi siswa kelas IV SDN Ampeldento 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 04:29 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 07:27 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6946 |
Actions (login required)
View Item |