Pemberian bantuan dalam penyelesaian soal cerita pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas V SDN Junrejo I Batu / Amalia Sundari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemberian bantuan dalam penyelesaian soal cerita pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas V SDN Junrejo I Batu / Amalia Sundari

Sundari, Amalia (2018) Pemberian bantuan dalam penyelesaian soal cerita pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas V SDN Junrejo I Batu / Amalia Sundari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sundari Amalia. 2014. Pemberian Bantuan Dalam Penyelesaian Soal Cerita Pada Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Siswa Kelas V SDN Junrejo I Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Setyo Winarni M.Pd (II) Drs. Goenawan Roebyanto S.Pd. M.Pd. Kata kunci pendekatan pemecahan masalah hasil belajar soal cerita Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan di SDN Junrejo 1 Kota Batu pada tanggal 27 Januari 2014 diketahui bahwa kemampuan siswa kelas V masih kurang khususnya kalau diberikan soal cerita yang termasuk kategori soal pemecahan masalah. Siswa yang tuntas belajar hanya 38 46%. Hal tersebut disebabkan karena minimnya pemahaman siswa terhadap pendekatan pemecahan masalah. Siswa juga kurang dapat mengerti bahasa soal dengan kata lain siswa kurang memahami masalah. Pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah memudahkan siswa untuk menyelesaikan suatu masalah yang diberikan dengan lebih baik. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dikaji mengenai penerapan pendekatan pemecahan masalah untuk membantu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan pemecahan masalah dapat membantu menyelesaiakan masalah pada soal cerita sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Junrejo 1 Kota Batu pada bulan Maret-April 2014 dengan rancangan penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Kegiatan yang dilakukan pada tiap siklus meliputi perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Junrejo 1 Kota Batu tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 26 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa berupa tes evaluasi yang dilakukan diakhir setiap pertemuan yang berupa soal cerita pemecahan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan. Pembelajaran dengan penerapan pendekatan pemecahan masalah ini terdiri dari empat langkah (1) langkah memahami masalah siswa membaca permasalahan mengenai operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan (2) langkah merencanakan penyelesaian siswa memilih strategi yang tepat dalam menyelesaiakan masalah (3) langkah menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana siswa menyelesaikan masalah sesuai dengan strategi yang telah ditentukan pada langkah merencanakan penyelesaian (4) langkah pengecekan kembali terhadapsemua langkah yang telah dikerjakan siswa memeriksa kebenaran cara dan hasi perhitungan langkah demi langkah dan siswa membuat kesimpulan. Rata-rata nilai siswa pada siklus I adalah 77 21 dengan ketuntasan belajar 61 53% setelah siklus II menjadi 84 09 dengan ketuntasan belajar 80 76%. Pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah memberikan hasil yang positif untuk meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa sehingga dapat dijadikan alternatif pembelajaran di sekolah dengan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6945

Actions (login required)

View Item View Item