Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi metamorfosis kelas IV SDN Mendogo Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan / Slamet Riyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi metamorfosis kelas IV SDN Mendogo Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan / Slamet Riyadi

Riyadi, Slamet (2018) Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi metamorfosis kelas IV SDN Mendogo Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan / Slamet Riyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Riyadi Slamet. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Picture and picture Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Metamorfosis Kelas IV SDN Mendogo Kabupaten Lamongan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dimyati S.Pd. M.Pd (2) Dra. Sukamti M.Pd Suatu model pembelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan siswanya namun ketika model yang digunakan tidak sesuai dengan kondisinya maka hasil belajarnya akan kurang maksimal. Seperti halnya yang terjadi di SDN Mendogo Kabupaten Lamongan di sekolah tersebut pada materi IPA yang khususnya membutuhkan aktivitas yang beragam oleh siswanya justru diajarkan menggunakan model ceramah dan banyak siswa yang rendah dalam hasil belajar kognitifnya. Peneliti mencoba menerapkan model picture and picture sebagai solusi untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar serta hasil belajarnya dikarenakan model ini menuntut aktivitas belajar siswa yang lebih banyak dan berefek terhadap hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran picture and picture sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi metamorfosis bagi siswa kelas IV SDN Mendogo Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas dengan siklus perencanaan penerapan dan pengamatan serta refleksi yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi metamorfosis yang diajarkan menggunakan model picture and picture. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan dan dokumentasi data yang diperoleh dianalisis dengan analisis data kualitatif yaitu reduksi data pemaparan data dan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adalah adanya peningkatan aktivitas guru aktivitas siswa serta hasil belajar siswa pada setiap pembelajaran dalam dua siklus. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu model pembelajaran picture and picture yang diterapkan pada materi metamorfosis pada SDN Mendogo dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peneliti memberikan saran bagi guru agar dapat menggunakan model pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas siswa sehingga hasil belajar siswa akan meningkat. Kata Kunci Model Picture and picture Aktivitas Belajar Hasil Belajar Metamorfosis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6944

Actions (login required)

View Item View Item