Kesesuaian pengelompokan bahan literasi dengan tingkat perkembangan anak usia sekolah dasar dan minat baca anak di SDN Sawojajar 4 Kota Malang / Mohammad Reza Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesesuaian pengelompokan bahan literasi dengan tingkat perkembangan anak usia sekolah dasar dan minat baca anak di SDN Sawojajar 4 Kota Malang / Mohammad Reza Prasetya

Prasetya, Mohammad Reza (2018) Kesesuaian pengelompokan bahan literasi dengan tingkat perkembangan anak usia sekolah dasar dan minat baca anak di SDN Sawojajar 4 Kota Malang / Mohammad Reza Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Prasetya Mohammad Reza. 2018. Kesesuaian Pengelompokkan Bahan Literasi Dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar Dan Minat Baca Anak di SDN Sawojajar 4 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Sa dun Akbar M.Pd (II) Putri Mahanani S.Pd M.Pd Kata kunci Kesesuaian Bahan Literasi Minat Baca Perkembangan Anak SD Kesesuaian pengelompokkan bahan literasi dengan perkembangan anak usia sekolah dasar dalam kegiatan literasi sekolah sangat dibutuhkan. Bahan literasi yang digunakan dalam kegiatan Gerakan Literasi Sekolah berupa buku bacaan non mata pelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan minat baca anak dalam memanfaatkan bahan literasi sekolah di SDN Sawojajar 4 Kota Malang untuk mendeskripsikan permasalahan-permasalahan yang dialami sekolah pada Gerakan Literasi Sekolah di SDN Sawojajar 4 Kota Malang untuk mendeskripsikan kesesuaian pengelompokkan bahan literasi dengan tingkat perkembangan anak usia Sekolah Dasar di SDN Sawojajar IV Kota Malang. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena dalam pengolahan data peneliti menguraikan hasil pengamatan dalam bentuk ulasan deskriptif. Pendekatan ini lebih mengarah pada deskripsi suatu peristiwa perilaku atau keadaan tertentu secara rinci dan mendalam dalam bentuk narasi. Prosedur teknik pengumpulan data dan instrumen peneitian berupa observasi wawancara dan dokumentasi. data utama yang digunakan adalah kata kata dan tindakan. Kedua data utama tersebut akan didukung oleh data data lain seperti dokumentasi sebagai pelengkap data penelitian. Fokus penelitian ini yaitu Kesesuaian Pengelompokkan Bahan Literasi Terhadap Tingkat Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar Dan Minat Baca Anak di SDN Sawojajar 4 Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah studi kasus karena peneliti mendeskripsikan suatu fenomena dan atau permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah yaitu kesesuaian bahan literasi dengan tingkat perkembangan anak sekolah dasar serta minat baca anak usia sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan minat baca siswa-siswi SDN Sawojajar 4 Kota Malang masih rendah Permasalahan-permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan literasi sekolah seperti kurangnya pembaharuan buku telah teratasi dengan meminta bantuan dari perpustakaan kota Malang dengan mengirim mobil perpustakaan keliling setiap minggu dan kegiatan Literasi Sekolah di SDN Sawojajar 4 kota Malang telah terlaksana dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Kesesuaian pengelompokan bahan literasi telah dilakukan dengan baik namun minat baca dari siswa-siswi masih rendah. Saran dari peneliti semua pihak dalam sekolah harus berkoordinasi dalam melaksanakan pengelompokkan bahan literasi dalam Kegiatan Literasi Sekolah agar permasalahan-permasalahan dalam Kegiatan Literasi Sekolah dapat teratasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6942

Actions (login required)

View Item View Item