Analisis tingkat keterbacaan buku siswa tema V pahlawanku berbasis teknik cloze di kelas IV SD / Dewi Sartika Rani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat keterbacaan buku siswa tema V pahlawanku berbasis teknik cloze di kelas IV SD / Dewi Sartika Rani

Rani, Dewi Sartika (2018) Analisis tingkat keterbacaan buku siswa tema V pahlawanku berbasis teknik cloze di kelas IV SD / Dewi Sartika Rani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rani Dewi Sartika. 2018. Analisis Tingkat Keterbacaan Buku Siswa Tema V Pahlawanku Berbasis Teknik Cloze di Kelas IV SD. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd (2) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata Kunci keterbacaan buku siswa teknik cloze. Tingkat keterbacaan buku ajar berpengaruh terhadap minat membaca serta ketuntasan belajar siswa. Keterbacaan suatu buku ajar berhubungan erat dengan taraf kesulitan bacaan untuk dibaca dan dipahami. Tingkat kesulitan bahan bacaan tentu berbeda-beda pada setiap jenjang pendidikan. Kemampuan membaca seseorang berhubungan erat dengan kemampuan otak dalam menyimpan kosakata dan memahami arti kosakata. Sejalan dengan hal tersebut keterbacaan suatu teks dapat dilihat dari keterbacaan masing-masing paragrafnya. keterbacaan paragraf dapat dilihat dari keterbacaan kalimat pendukung jenis kata tipe kata serta kata-kata pembentuknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan paragraf ditinjau dari keterbacaan kalimat pendukung tipe kata jenis kata serta kata-kata pembentuknya di kelas IV SD. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas IV SDSN (Sekolah Dasar Standar Nasional) Blitar kecamatan Sukorejo kota Blitar. Data penelitian diperoleh dari aktivitas siswa mengerjakan teknik cloze. Sumber data pada penelitian ini adalah buku siswa kelas IV Sekolah Dasar Tema V Pahlawanku Edisi Revisi 2017. Metode pengumpulan data berupa observasi tes dokumentasi kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis tingkat keterbacaan buku siswa tema V Pahlawanku berbasis teknik cloze memperoleh hasil skor keterbacaan interpretasi independen dengan hasil skor rata-rata diatas 60 %. Aspek keterbacaan berdasarkan tataran paragraf didapatkan hasil keterbacaan (1) kalimat pendukung dan tipe kata memperoleh persentase skor 87 % (bagus) (2) jenis kata memperoleh persentase skor 58 % (cukup bagus) (3) pembentukan kata memperoleh persentase skor 80 % (bagus). Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan simpulan penelitian ini yaitu bahwa kemampuan anak kelas IV SD dalam penguasaan keterbacaan kalimat pendukung tipe kata jenis kata dan pembentukan kata berada dalam taraf pemahaman awal. Mayoritas tingkat kelemahan siswa ketika mengklasifikasikan jenis kata sesuai kedudukan dan fungsinya di dalam kalimat dengan tepat terutama berkaitan dengan jenis kata benda abstrak istilah serapan penghubung. Serta bentukan kata yang berkaitan dengan pemajemukan dan reduplikasi. Sehubungan dengan hasil penelitian ini disarankan agar dalam pembuatan buku ajar hendaknya mempertimbangkan aspek keterbacaan yang sesuai dengan perkembangan bahasa dan kognitif pembaca serta memperhatikan sejumlah indikator yang dapat menyebabkan tingkat keterbacaan lemah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6939

Actions (login required)

View Item View Item