Pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SDN bareng 02 Kota Malang / Ridlo Nur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SDN bareng 02 Kota Malang / Ridlo Nur Rohmah

Rohmah, Ridlo Nur (2018) Pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SDN bareng 02 Kota Malang / Ridlo Nur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nur Rohmah Ridlo. 2018. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dalam Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SDN Bareng 02 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Siti Umayaroh S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Sri Sugiharti M.Pd Kata Kunci Gerakan Literasi Sekolah dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Gerakan literasi sekolah merupakan kegiatan untuk meningkatkan minat baca siswa. Kegiatan literasi sekolah juga dapat meningkatkan beberapa keterampilan pada siswa. Pelaksanaan gerakan literasi juga harus didukung oleh beberapa sarana prasarana yaitu seperti perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah akan menyediakan berbagai sumber bacaan yang dapat digunakan siswa dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi sekolah dan pemanfaatan perpustakaan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui penelitian pelaksanaan gerakan literasi sekolah dan pemanfaatan perpustakaan sekolah yang dilakukan di SDN Bareng 02 Kota Malang. Pendekatan dan jenis penelitian digunakan untuk mengetahui gambaran situasi yang sebenarnya tentang pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah. Teknik yang digunakan yaitu teknik observasi teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan gerakan literasi sekolah diSDN Bareng 02 sudah dilakukan. Literasi yang diterapkan di SDN Bareng 02 yaitu literasi baca tulis dan pelaksanaan masih dalam tahap pembiasaan. Kegiatan literasi sekolah dilaksanakan setiap hari selasa rabu dan kamis. Waktu yang digunakan selama kurang lebih 15-30 menit. Kegiatan yang dilakukan selama literasi selain membaca yaitu menulis kembali isi cerita menulis tokoh-tokohnya menulis karakter tokohnya dan kesimpulannya. Pelaksanaan literasi juga menggunakan sarana-prasarana yang disediakan yaitu sudut baca dan perpustakaan sekolah. Berdasarkan dari data hasil wawancara kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan literasi yaitu kurangnya minat baca pada siswa dan sebagian guru belum menggunakan fasilitas perpustakaan untuk menunjang pelaksanaan literasi. Sarana pendukung yang lebih digunakan yaitu sudut baca kelas. Berdasarkan hasil temuan tersebut peneliti menyarankan agar guru selalu memotivasi siswa agar mereka mempunyai minat baca. Selain itu guru juga memotovasi siswa untuk mengisi waktu luang untuk digunakan mengunjungi perpustakaan agar mereka juga terbiasa dengan bacaan-bacaan yang bermacam-macam. 1

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6937

Actions (login required)

View Item View Item