Bimbingan orang tua dalam membentuk kemandirian anak usia dini di lembaga Pos PAUD Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu / Debi Hikmatuz Azizah

Azizah, Debi Hikmatuz (2019) Bimbingan orang tua dalam membentuk kemandirian anak usia dini di lembaga Pos PAUD Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu / Debi Hikmatuz Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah, Debi Hikmatuz. 2019. Bimbingan Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini Di Lembaga Pos Paud Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ellyn Sugeng D. S.Pd M.Pd, (II) Dr. Sri Wahyuni, M.Pd. Kata kunci: bimbingan orangtua, membentuk kemandirian anak usia dini Kemandirian merupakan kemampuan atau keterampilan yang dimiliki anak untuk melakukan segala sesuatunya sendiri, baik terkait dengan aktifitas bantu diri maupun aktifitas dalam kesehariannya tanpa tergantung pada oranglain. Bimbingan orang tua dapat diartikan salah satu bentuk usaha pemberian bantuan secara terus menerus dan sistematis kepada anak usia dini yang dilakukan oleh orang tua yaitu, ayah dan ibu kepada anaknya sehingga anak akan mampu untuk mengoptimalisasikan potensinya dan mempunyai keterampilan untuk menghadapi setiap permasalahan serta mencapai penyesuaian diri dalam kehidupannya guna peningkatan tumbuh kembang anak dan membentuk fisik dan kepribadian anak. Bimbingan orang tua memiliki pengaruh yang besar dalam perkembangan karakteristik anaknya, terlebih dalam hal menanamkan kemandirian sejak dini. Bimbingan orang tua dalam membentuk kemandirian anak usia dini di lembaga pos PAUD desa pendem merupakan bentuk bimbingan nyata yang dilakukan oleh orangtua dalam menbentuk kemandirian anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripkan bimbingan apa saja yang dilakukan orangtua untuk membentuk kemandirian anak usia dini. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif. Penelitian ini mendiskripsikan partisipasi orangtua dalam pengembangan kemandirian anak usia dini. Populasi dalam penelitian sebanyak 165 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, yakni sampel diambil secara acak dari populasi. Jumlah sampel yg di gunakan untuk penelitian ini sebanyak 48 orang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penyebaran angket. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang berupa persentase, median, dan modus. Hasil penelitian menunjukkan bimbingan orangtua terhadap pembentukan kemandirian anak berada pada kategori baik. Hal ini ditunjukan orangtua ikut serta membantu anak, mengawasi anak dan mengarahkan anak untuk melakukan kegiatan yang merupakan tingkah laku kemandirian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69366

Actions (login required)

View Item View Item