Peran ibu tunggal dalam meningkatkan kemandirian anak di Desa Dadapan Kecamatan Wajak Kabupaten Malang / Rio Samudra Pramono

Pramono, Rio Samudra (2020) Peran ibu tunggal dalam meningkatkan kemandirian anak di Desa Dadapan Kecamatan Wajak Kabupaten Malang / Rio Samudra Pramono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pramono, Rio Samudra. 2020. Peran Ibu Tunggal dalam Meningkatkan Kemandirian Anak di Desa Dadapan Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. M. Ishom, M.Pd. (2) Rezka Arina Rahma, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: peran, ibu tunggal, kemandirian, anak Pendidikan informal merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama yang terjadi pada setiap individu. Pendidikan informal sangat penting karena dapat berpengaruh terhadap perilaku dan karakter seseorang. Dalam penelitian ini, peneliti akan meneliti tentang peran ibu tunggal yang memiliki peran ganda dengan menggantikan sosok ayah sebagai kepala keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ibu tunggal dalam meningkatkan kemandirian anak di Desa Dadapan dan mengetahui faktor penghambat yang dihadapi ibu tunggal dalam meningkatkan kemandirian anak di Desa Dadapan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan siklus interaktif. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa ibu tunggal memiliki peran domestik, yakni: (1) Sebagai pendidik dalam mengembangkan sikap dengan membiasakan anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah, mengembangkan nilai moral dengan memberikan nasihat kepada anak, mengembangkan nurani dengan membiasakan anak untuk sholat dan mengaji. (2) Sebagai pengasuh dengan menyiapkan keperluan anak, menyiapkan sarapan, dan mengajari anak untuk mengerjakan tugas sekolah. (3) Sebagai kepala keluarga dengan memberikan fasilitas dan memimpin rumah tangga. Ibu tunggal juga memiliki peran publik, yakni: (1) Sebagai pencari nafkah dalam keluarga dengan bekerja. (2) Sebagai pelindung dengan mengawasi kegiatan anak di luar rumah. Faktor penghambat yakni: (1) Ibu tunggal kesulitan membagi waktu dalam merawat anak karena harus bekerja. (2) Ibu tunggal tidak bisa mengawasi anak di luar rumah karena harus mengurus keperluan rumah tangga dan harus bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69363

Actions (login required)

View Item View Item