Motivasi orangtua dalam memberikan fasilitas belajar pada anak usia dini di PAUD Al-Qur'an Nurul Huda Kabupaten Malang / Afifatur Rosyidah

Rosyidah, Afifatur (2019) Motivasi orangtua dalam memberikan fasilitas belajar pada anak usia dini di PAUD Al-Qur'an Nurul Huda Kabupaten Malang / Afifatur Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyidah, Afifatur. 2019. Motivasi Orangtua dalam Memberikan Fasilitas Belajar Pada Anak Usia Dini DI PAUD Al-Qur’an Nurul Huda Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ahmad Mutadzakir, M.Pd, (2) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Motivasi Orangtua, Fasilitas Belajar Motivasi merupakan upaya untuk memberikan dorongan, penggerak, mengarahkan perilaku seseorang untuk menambah bertingkah laku, berperilaku, untuk melakukan sesuatu baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Motivasi juga diperlukan dalam menambah keterampilan, menambah pengalaman, memberikan fasilitas belajar, dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan motivasi orangtua dalam memberikan fasilitas belajar pada selama di rumah yang meliputi: (1) motivasi instrinsik, (2) motivasi ekstrinsik, dan (3) fasilitas belajar yang diberikan orangtua di rumah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 43 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yang artinya menjadikan seluruh populasi sebagai sampel. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang berupa persentase, median, dan modus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) motivasi instrinsik orangtua dalam memberikan fasilitas belajar pada anak adalah tinggi 40 % dan sedang 40%, (2) motivasi ekstinsik orangtua dalam memberikan fasilitas belajar pada anak adalah sangat rendah, (3) fasilitas belajar yang diberikan orangtua di rumah adalah sedang. Saran dari penelitian motivasi orangtua dalam memberikan fasilitas belajar pada anak yaitu : (1) Saran teoritis penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan pemikiran, ilmu pengetahuan, dan agar menyediakan buku-buku untuk menunjang dan untuk memberikan referensi terutama dalam bidang motivasi maupun fasilitas belajar anak usia dini. (2) Saran praktis Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi, penambah ilmu pengetahuan dalam bidang motivasi maupun fasilitas belajar AUD. Sehingga bermanfaat bagi guru PAUD, orangtua anak didik, dan bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69362

Actions (login required)

View Item View Item