Persepsi warga PKK tentang bina keluarga balita holistik integratif di Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung / Galuh Ginanjar Astuti

Astuti, Galuh Ginanjar (2019) Persepsi warga PKK tentang bina keluarga balita holistik integratif di Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung / Galuh Ginanjar Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ginanjar Astuti, Galuh. 2019. Persepsi Warga PKK Tentang Bina Keluarga Balita Holistik Integratif Di Kecamatan Karangrejo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Sucipto, M.S, (2) Dr. Zulkarnain, M.Pd, M.Si. Kata Kunci: Persepsi, Bina Keluarga Balita Holistik Integratif BKB Holistik Integratif adalah layanan penyuluhan bagi orang tua tentang pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak yang dilakukan seara stimulan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan dengan program pengembangan anak usia dini lainnya dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar anak. Persepsi warga masyarakat terhadap program dalam hal ini bina keluarga balita holistik integratif merupakan landasan atau dasar utama bagi timbulnya kesediaan untuk ikut terlibat dan berperan aktif dalam setiap kegiatan program tersebut. Makna positif atau negatif sebagai hasil persepsi seseorang terhadap program akan menjadi pendorong atau penghambat baginya untuk berperan dalam kegiatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi warga PKK tentang bina keluarga balita holistik integratif di Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan variable tunggal. Jumlah populasinya adalah 373 responden. Penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 65 responden. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah berupa kuisioner. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuisioner, wawanara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang berupa persentase, median, dan modus. Secara umum persepsi warga PKK tentang bina keluarga balita secara khusus adalah masuk dalam kategori baik, dan BKB holistik integratif di Kecamatan Karangrejo juga termasuk dalam kategori baik. Kendati demikian dalam pelaksanaan keterpaduan antara BKB dengan posyandu perlu adanya penyamaan persepsi, sehingga kegiatan keterpaduan dapat berjalan secara maksimal. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dan sebagai bahan evaluasi bagi pelaksana BKB HI yaitu TP-PKK, kader BKB dan perwakilan dari instansi-instansi terkait di Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung, khususnya dalam upaya-upaya penyamaan persepsi peserta BKB HI. Selain itu hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan pengetahun dan dapat menjadi rujukan penelitian berikutnya mengenai persepsi dan bina keluaga balita holistik integratif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69361

Actions (login required)

View Item View Item