Hubungan teknik membaca cepat terhadap kemampuan memahami teks diskripsi pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 03 Jabung Kabupaten Malang / Nurul Aini

Aini, Nurul (2018) Hubungan teknik membaca cepat terhadap kemampuan memahami teks diskripsi pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 03 Jabung Kabupaten Malang / Nurul Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aini, Nurul. 2018.Hubungan Teknik Membaca Cepat terhadap kemampuan memahami teks Diskripsi pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 03 Jabung. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muhana Gipayana, M.Pd. (II) Drs.Imam Nawawi, M.Si. Kata Kunci: teknik membaca cepat, kemampuan membaca cepat, Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan implementasi pada pembelajaran membaca cepat teks diskripsi pada siswa kelas V, mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa melalui teknik membaca cepat pada siswa kelas V. Dan hasil belajar siswa setelah dilakukan tes, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pembelajaran membaca cepat sudah terlaksana dengan baik.. Membaca cepat bukan berarti jenis membaca yang ingin memperoleh jumlah bacaan atau halaman yang banyak dalam waktu yang singkat. Pelajaran ini diberikan dengan tujuan agar siswa sekolah dasar dalam waktu yang singkat dapat membaca secara lancar dan dapat memahami isinya secara tepat dan cermat. Jenis membaca ini dilaksanakan tanpa suara Membaca cepat artinya membaca yang mengutamakan kecepatan dengan tidak mengabaikan pemahamannya. Biasanya kecepatan itu dikaitkan dengan tujuan membaca, keperluan, dan bahan bacaan. Artinya, seorang pembaca cepat yang baik, tidak menerapkan kecepatan membacanya secara konstan diberbagai cuacamdan keadaan membaca. Penerapan kemampuan membaca cepat itu disesuaikan dengan tujuan membacanya, aspek bacaan yang digali (keperluan) dan berat ringannya bahan bacaan Pengukuran melalui tes dalam ranah ini agak jarang dilakukan guru karena menyangkut instrumen yang agak rumit. Namun tidak ada halangan bila guru hendak melakukan secara sederhana. Sebagai contoh Anda ingin mengetahui minat baca siswa, maka Anda dapat melihat seberapa jauh siswa tersebut acuh dengan berbagai topik bacaan. Untuk mengukur apresiasi siswa, guru dapat meminta siswa mengungkapkan perasaan atau simpatinya terhadap pelaku cerita.Tujuan kemampuan membaca cepat diharapkan agar siswa terampil memperoleh informasi dari bacaan secara cepat dan tepat. Selain itu, dengan dilatih menemukan gagasan utama suatu teks, siswa bisa mengetahui isi teks bacaan tanpa membaca bagian bacaan yang tidak terlalu penting. Sehingga waktu belajar juga akan menjadi lebih efektif. Selain dilakukan pengukuran, untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat juga perlu diterapkan berbagai teknik dan metode membaca cepat yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6936

Actions (login required)

View Item View Item