Penerapan prinsip andragogy dalam Bimbingan Teknis Pengawas Tempat Pemungutan Suara (BIMTEK PTPS) di Panwaslu Kecamatan Batu / Syahri Fathul Mubin

Mubin, Syahri Fathul (2020) Penerapan prinsip andragogy dalam Bimbingan Teknis Pengawas Tempat Pemungutan Suara (BIMTEK PTPS) di Panwaslu Kecamatan Batu / Syahri Fathul Mubin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mubin, Syahri Fathul. 2019. Penerapan Prinsip Andragogy Dalam Bimbingan Teknis Pengawas Tempat Pemungutan Suara (Bimtek Ptps) Di Panwaslu Kecamatan Batu. Skripsi , Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing, (I) Drs. Lasi Purwito, M.S, (II) Rezka Arina Rahma, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: prinsip andragogy, bimbingan teknis, pengawas tempat pemungutan suara Pendidikan tidak hanya bisa didapat didalam sistem persekolahan saja namun banyak pendidikan yang bahkan bisa didapatkan di luar system persekolahan, bimbingan teknis adalah salah satu pendidikan di luar system persekolahan yang dimana dalam pendekatannya menggunakan pendekatan andragogi. Dalam orientasi individu yang lebih maju, pendidikan formal lebih diarahkan pada pemenuhan kebutuhan akan penguasaan pengetahuan dan kemampuan dasar yang memang sangat diperlukan. Sementara untuk memenuhi kebutuhan akan wawasan aktual dan kecakapan praktis, individu lebih mengandalkan belajar pada pelatihan yang dilakukan di luar sekolah. Pendidikan Luar Sekolah (PLS) sebagai program layanan kepada masyarakat diharapkan mampu menunjang pendidikan formal serta dapat memberikan solusi dalam mengahadapi problematika peningkatan sumber daya manusia. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang dapat menunjang pendidikan formal, masyarakat mengandalkan kegiatan pelatihan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip andragogy, yang dimana dalam prinsip andragogy meliputi, penampilan instruktur, organisasi dan seleksi materi belajar, metode pembelajaran, dan pengelolaan lingkungan pemmbelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, yang dimana untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam kegiatan bimbingan teknis pengawas tempat pemungutan suara di panwaslu kecamatan batu, yang dimana dalam populasi penelitian ini berjumlah 346 populasi dan menjadi 172 responden menggunakan sampel area. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi, yang dimana dalam teknik analisisnya menggunakan persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Prinsip Andragogy dalam Bimbingan Teknis Pengawas Tempat Pemungutan Suara (Bimtek Ptps) di Panwaslu Kecamatan Batu sudah menerapkan ke-4 prinsip. Yang pertama, penampilan pelatih dalam kegiatan bimtek ptps sudah selalu menerapkan prinsip andragogy. Hal ini dapat dilihat dari instruktur membuka pelajaran dengan cara menyenangkan , tidak memonopoli pembicaraan dalam pembelajaran, tidak bersifat mengadili dalam memberikan balikan atau tanggapan, , membantu pengembangan sikap positif peserta, bersemangat dalam bertukar pikiran dengan peserta, memberikan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan suasana keterbukaan, penampilan fisik yang baik, sehingga dalam penampilan pelatih sudah terlihat penerapannya. Yang kedua, pengorganisasian dan penyeleksian materi belajar dalam bimtek ptps sering menerapkan prinsip andragogy. Hal ini memang dikarenakan materi yang ada sudah ditentukan oleh regulasi Pemilu 2019. Yang ketiga, metode pembelajaran dalam bimtek ptps selalu menerapkan prinsip andragogy. Hal ini dapat diperjelas dari Berpusat pada masalah belajar peserta, sudah terlihat penerapannya dalam mendorong peserta untuk aktif dalam pembelajaran, mendorong peserta untuk mengemukakan pengalamannya, timbul kerjasama yang baik antara instruktur dan peserta, Instruktur memberikan pengalaman belajar bukan hanya penyerapan materi semata. Yang keempat, Pengelolaan lingkungan belajar dalam bimtek ptps selalu menerapkan prinsip andragogy. Hal ini dapat diperjelas dari peserta bebas memilih tempat duduk sesuai dengan keinginan peserta, kebebasan peserta dalam menggunakan sarana yang tersedia, adanya saling menghargai baik peserta dan instruktur . Selain itu dari penataan, seperti pencahayaan, speaker, proyektor, dan alat penunjang lain cukup baik untuk proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69357

Actions (login required)

View Item View Item