Pengelolaan program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Tunas Harapan (studi kasus di Desa Karang Duren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang) / Muhammad Septian Hanafi

Hanafi, Muhammad Septian (2019) Pengelolaan program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Tunas Harapan (studi kasus di Desa Karang Duren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang) / Muhammad Septian Hanafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanafi, Muhammad Septian. 2015. Pengelolaan Program Kesetaraan Paket C (Studi Kasus di PKBM Tunas Harapan Desa Karang Duren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang). Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. M. Ishaq, M.Pd (2) Drs. Imam Hambali, M.Pd. Kata Kunci : Paket C, Pengelolaan, Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Setara SMA merupakan program pendidikan tingkat SMA bagi warga masyarakat yang putus sekolah SMA atau lulusan SMP yang tidak dapat melanjutkan ke SMA/SMK. Paket C di PKBM Tunas Haraan ini merupakan salah satu penyelenggara program pendidikan kesetaraan Paket C sebagai bentuk kegiatan pendidikan luar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan program pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Tunas Harapan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Metode penggalian data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan berdasarkan analisis teori - teori pembelajaran, pendapat para pakar dan temuan data Hasil yang diperoleh dalam penelitian dalam profil PKBM Tunas Harapan adalah ikut berperan aktif dalam menyelenggarakan pendidikan non formal bagi warga terutama desa Karangduren, kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang Propinsi Jawa Timur. Sedangkan untuk pengelolaan pembelajaran Paket C meliputi perencanaan pembelajaran (1) Tujuan pembelajaran tutor didasarkan pada matode ajar, melalui pengembangan pokok bahasan atau sub pokok bahasan. (2) Penyiapan materi pembelajaran menggunakan modul pendidikan kesetaraan beracuan pada kurikulum pendidikan kesetaraan dengan menambah rujukan dari buku acuan lain. (3) Strategi pembelajaran menggunakan pembelajaran kelompok dan mandiri. (4) Metode Pembelajaran yang diterapkan (a) ceramah sehingga pembelajaran terkesan monoton membuat warga belajar merasa jenuh sehingga sering meninggalkan kelas. (b) Melakukan review (ulangan) bahan pelajaran namun kurang berjalan secara efektif karena tidak melibatkan semua warga belajar. (c) Memberikan latihan sebagai feedback. Namun tidak berjalan secara maksimal dengan tidak terdorongnya inisiatif dari warga belajar untuk bertanya. (5) Media pembelajaran terbatas papan tulis. Serta media praktek yang merupakan kretifitas dari tutor. Pelaksanaan pembelajaran (1) Tutor tidak melakukan prosedur pengelolaan kelas secara preventif hanya mendinamiskan suasana kelas yang ramai. (2) Motivasi dilakukan oleh tutor secara internal dan motivasi eksternal dilakukan oleh pengelola. Evaluasi pembelajaran dilakukan pada akhir penyampaian materi, pelaksanaan ujian tengah semester, ujian akhir semester dan ujian nasional. Faktor pendukung kesesuaian waktu belajar denj kebutuhan warga belajar dan tempat pembelajaran yang mamadai terletak dal lingkungan kampus UM. Faktor penghambatnya minimnya bahan ajar (bi paket) serta kurangnya pengetahuan tutor tentang prinsip - prinsip pembelaja orang dewasa. Saran dari penelitian ini adalah: (1) Hendaknya pengelola PKBM melakukan penataan administrasi yang lebih termanajemen dengan baik, (2) Tutor Paket C melakukan pengembangan bahan dan media pembelajaran serta strategi pembelajaran yang digunakan, (3) Pengelola dan para tutor perlu mengikuti pelatihan-pelatihan untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan pengelolaan kejar Paket C serta prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa (andragogi) serta peningkatan variasi pembelajaran, (4) Agar program dapat menarik dan memotivasi warga belajar maka perlu memaksimalkan sarana belajar keterampilan yang bermanfaat dan fungsional, (5) Hendaknya melakukan pengembangan terhadap hasil penelitian ini dengan melakukan penelitian ini melalui metode serta fokus yang berbeda, sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap pengelolaan program Paket C secara umum dan bagi Kelompok Belajar Paket C di PKBM Tunas Harapan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69348

Actions (login required)

View Item View Item