Pemberdayaan masyarakat dalam program pertanian organik Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Tunggak Semi di kelurahan Temas Kecamatan Batu Kota Batu / Dias Nina Desita

Desita, Dias Nina (2020) Pemberdayaan masyarakat dalam program pertanian organik Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Tunggak Semi di kelurahan Temas Kecamatan Batu Kota Batu / Dias Nina Desita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Desita, D.A. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Program Pertanian Organik Di Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Tunggak Semi Di Kelurahan Temas Kecamatan Batu Kota Batu. Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Moh.Ishom, M.Pd, (2) Kukuh Miroso Raharjo S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Pertanian Organik, Gabungan Kelompok Tani. Pemberdayaan masyarakat merupakan proses pembangunan dimana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial yang bertujuan untuk menyejahterakan serta meningkatkan perekonomian warga masyarakat yang ada khususnya para warga maupun anggota komunitas. Salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat adalah gapoktan, yang memiliki program pertanian organik sebagai upaya untuk menyejahterakan anggotanya yang merupakan tujuan utama dari pemberdayaan masyarakat itu sendiri Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemberdayaan masyarakat, faktor-faktor penghambat dan pendukung, dan mendeskripsikan dampak pemberdayaan masyarakat melalui program pertanian organik pada Gapoktan Tunggak Semi di Kelurahan Temas Kecamatan Batu Kota Batu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa jenis penelitian deskriptif yang di fokuskan menggunakan pendekatan studi kasus. Instrumen yang digunakan berupa dokumentasi, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa Program pertanian organik merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh Gabungan Kelompok Tani di Kelurahan Temas untuk menyejahterakan para petani yang ada. Terdapat banyak faktor yang menjadi pendorong dalam berlangsungnya program pertanian organik baik dari dalam organisasi maupun dari luar organisasai seperti dari Dinas Pertanian dan juga Pemerintahan Kelurahan Temas yang memberikan motivasi serta penyuluhan yang rutin diadakan. Tujuan dari dilakukannya penyuluhan adalah untuk melatih para petani mengembangkan pertanian organik khususnya di Kelurahan Temas. Banyak sekali keuntungan yang di peroleh oleh para petani yang melakukan program pertanian organik baik dari segi ekonomi, kesehatan dan pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69347

Actions (login required)

View Item View Item