Kemitraan orang tua dan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam penanaman karakter tanggung jawab anak usia dini (studi kasus di PAUD Islam Terpadu As Salam Kota Malang) / Mighfaratul Ashwatil Aliyah

Aliyah, Mighfaratul Ashwatil (2020) Kemitraan orang tua dan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam penanaman karakter tanggung jawab anak usia dini (studi kasus di PAUD Islam Terpadu As Salam Kota Malang) / Mighfaratul Ashwatil Aliyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aliyah, Mighfaratul Ashwatil. 2017. Kemitraan Orangtua dan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Penanaman Karakter Tanggung Jawab Anak Usia Dini (Studi Kasus di PAUD Islam Terpadu As Salam Kota Malang). Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty, S.Pd, M.Pd (2) Sopingi, S.Sos, M.Pd. Kata Kunci: Kemitraan, Penanaman karakter, Tanggung jawab, Anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penanaman karakter tanggung jawab pada anak usia dini oleh orangtua, penanaman karakter tanggung jawab pada anak usia dini oleh lembaga PAUD Islam Terpadu As Salam kota Malang, dan kemitraan orangtua dan lembaga PAUD Islam Terpadu As Salam kota Malang dalam menanamkan karakter tanggung jawab anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif studi kasus. Peneliti sebagai instrumen kunci, lokasi penelitian yaitu di Jalan Bendungan Riam Kanan Nomor 13 Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Informan dalam penelitian ini antara lain adalah kepala sekolah, orangtua dan pendidik di PAUD Islam Terpadu As Salam Kota Malang. Prosedur pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahapan: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) menarik kesimpulan. Proses pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter tanggung jawab pada anak usia dini oleh orangtua dapat dilakukan melalui 3 cara yaitu: (1) memberi kebebasan menentukan pilihan (dengan bertanggung jawab terhadap pilihannya), (2) memberi teladan/ contoh langsung dan, (3) membiasakan. penanaman karakter tanggung jawab pada anak usia dini oleh lembaga PAUD Islam Terpadu As Salam kota Malang adalah melalui teladan atau dengan memberi contoh langsung. Kemitraan orangtua dan lembaga PAUD Islam Terpadu kota Malang dalam menanamkan karakter tanggung jawab anak usia dini sudah terjalin dengan baik. Hubungan kemitraan ini berupa komunikasi aktif, buku penghubung, buku kemitraan dan buku pilar karakter, program parenting tiap bulan dan melalui kisi-kisi pembelajaran pada awal tahun ajaran. Berdasarkan dari hasil penelitian ini maka disarankan: (1) Kemitraan PAUD Islam Terpadu As Salam kota Malang dengan orangtua telah terjalin dengan baik, hendaknya terus dipertahankan (2) lembaga PAUD Islam Terpadu As Salam kota Malang hendaknya menjalin komunikasi yang lebih intens dengan orangtua yang sibuk. (3) orangtua harus menyadari bahwa menanamkan karakter tanggung jawab perlu kerjasama antara lembaga dengan orangtua. (4) orangtua hendaknya lebih meluangkan waktu untuk menjalin kemitraan dengan lembaga PAUD Islam Terpadu As Salam kota Malang (5) penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan kajian tentang kemitraan orangtua dan lembaga PAUD dalam menanamkan pendidikan karakter anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69345

Actions (login required)

View Item View Item