Hubungan antara persepsi orang tua tentang pentingnya pendidikan anak usia dini dengan motivasi menyekolahkan anaknya ke lembaga PAUD nonformal di Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Fitri May Syaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi orang tua tentang pentingnya pendidikan anak usia dini dengan motivasi menyekolahkan anaknya ke lembaga PAUD nonformal di Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Fitri May Syaroh

Syaroh, Fitri May (2019) Hubungan antara persepsi orang tua tentang pentingnya pendidikan anak usia dini dengan motivasi menyekolahkan anaknya ke lembaga PAUD nonformal di Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Fitri May Syaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Syaroh Fitri May. 2019. Hubungan antara Persepsi Orang Tua Tentang Pentingnya PAUD Dengan Motivasi Menyekolahkan Anaknya Ke Lembaga PAUD Nonformal Di Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Zulkarnain M.Pd M.Si. (II) Sopingi S.Sos M.Pd. Kata Kunci persepsi orang tua motivasi menyekolahkan PAUD nonformal Hal yang melatarbelakangi peneliti melakukan penelitian di lembaga PAUD di Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji karena orang tua memberikan pandangan tentang arti dan pentingnya pendidikan anak usia dini hanyalah tempat bermain. Orang tua masih beranggapan bahwa jenjang pendidikan yang paling dasar adalah Sekolah Dasar. Peran orang tua sangat penting dalam memberikan pendidikan anak sejak dini sudut pandang orang tua dalam memberikan pendidikan anak berpengaruh terhadap masa depan anak. Kebanyakan orang tua beranggapan bahwa masuk PAUD biayanya lebih mahal dibandingkan masuk ke sekolah dasar (SD). Tetapi masyarakat beranggapan bahwa eksistensi lembaga PAUD masih rendah dan cenderung diabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi orang tua tentang pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dengan motivasi menyekolahkan anaknya ke lembaga PAUD nonformal di Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan populasi sebesar 122 orang dan sampel 93 orang. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi rank spearman. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan tahap analisis deskriptif variabel persepsi dan motivasi. Analisis deskriptif dilakukan untuk mengetahui median dan distribusi frekuensi variabel persepsi dan motivasi. Setelah itu dilanjutkan analisis korelasi rank spearman untuk hubungan variabel persepsi dan motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase persepsi orang tua tentang pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini sebesar 67% yang termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan persentase motivasi orang tua menyekolahkan anak ke lembaga PAUD nonformal sebesar 69% yang termasuk dalam kategori tinggi. Sehingga apabila nilai dari variabel persepsi orag tua tentang pentingnya PAUD semakin tinggi maka nilai motivasi orang ua menyekolahkan anak ke lembaga PAUD juga semakin tinggi. Hasil uji korelasi menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0 615 dengan nilai signifikansi 0 000 0 05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan signifikan antara persepsi orang tua tentang pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dengan motivasi menyekolahkan anak ke lembaga PAUD nonformal yang bersifat positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69344

Actions (login required)

View Item View Item