Penyelenggaraan mobile training unit teknik sepeda motor di UPT Balai Latihan Kerja Singosari Malang / Abdul Wahid - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyelenggaraan mobile training unit teknik sepeda motor di UPT Balai Latihan Kerja Singosari Malang / Abdul Wahid

Wahid, Abdul (2019) Penyelenggaraan mobile training unit teknik sepeda motor di UPT Balai Latihan Kerja Singosari Malang / Abdul Wahid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wahid Abdul. 2019. Penyelenggaraan Mobile Training Unit Teknik Sepeda Motor di UPT Balai Latihan Kerja Singosari-Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Supriyono M.Pd Pembimbing (2) Dr. M. Ishaq M.Pd Kata Kunci Mobile Training Unit (MTU) Perencanaan Pelaksanaan Evaluasi. Program MTU merupakan kegiatan pelatihan yang diberikan kepada masyarakat agar mendapatkan keterampilan yang berguna untuk memberdayakan dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan proses penyelenggaraan program MTU Teknik Sepeda Motor di Desa Kucur Oleh UPT Balai Latihan Kerja Singosari ditinjau dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan melalui reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada pengecekan keabsahan data dilakukan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan program MTU Teknik Sepeda Motor didesa kucur dimulai dari penentuan lokasi identifikasi kebutuhan belajar dan rekrutmen peserta pelatihan. Penentuan lokasi pelatihan mengacu pada proposal yang diajukan oleh pihak desa Kucur sebelumnya. MTU Teknik Sepeda Motor dilaksanakan berdasar pada identifikasi kebutuhan belajar masyarakat Desa Kucur. Rekrutmen peserta dilakukan oleh pihak desa Kucur dengan mengacu pada ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh UPT-BLK Singosari (2) Pelaksanaan program MTU Teknik Sepeda Motor didesa kucur meliputi pembukaan pelatihan bersama instruktur dan penutupan. MTU Teknik Sepeda Motor berlangsung selama 14 hari aktif kerja dari tanggal 11-31 Juli 2018 dengan waktu 112 jam pelatihan dan diikuti oleh 20 orang peserta. Materi pelatihan berupa materi teori dan materi praktek dengan komposisi 25-30 % dan 70-75% dan (3) Kegiatan monitoring dilakukan pada pertengahan pelaksanaan MTU guna mengetahui kendala dan kekurangan selama pelatihan berlangsung sehingga dapat diperbaiki pada hari selanjutnya. Evaluasi program MTU Teknik Sepeda Motor didesa Kucur dilakukan untuk mengetahui dan mengukur tingkat keberhasilan penyelenggaraan program MTU mulai dari awal pelatihan sampai pada akhir pelatihan. Terdapat dua jenis evaluasi yang diterapkan dalam MTU. Pertama evaluasi pelaksanaan secara keseluruhan meliputi sarana dan prasarana kinerja instruktur tingkat kehadiran peserta dan lain sebagainya. Kedua evaluasi skill untuk mengetahui dan mengukur tingkat pemahaman peserta terhadap materi pelatihan.. Berdasarkan hasil penelitian saran bagi Kasi UPT-BLK Singosari sebaiknya dapat mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan dalam menyelenggarakan MTU mulai dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69343

Actions (login required)

View Item View Item