Proses pemagangan pendidik anak usia dini dalam konteks pengembangan kompetensi pedagogik (studi kasus di KB/TK Palm Kids School Permata Jingga Kota Malang) / Wahyu Agung Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pemagangan pendidik anak usia dini dalam konteks pengembangan kompetensi pedagogik (studi kasus di KB/TK Palm Kids School Permata Jingga Kota Malang) / Wahyu Agung Nugraha

Nugraha, Wahyu Agung (2019) Proses pemagangan pendidik anak usia dini dalam konteks pengembangan kompetensi pedagogik (studi kasus di KB/TK Palm Kids School Permata Jingga Kota Malang) / Wahyu Agung Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nugroho Wahyu. 2019. Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kota Malang untuk Siswa Kelas IV di SDN Purwodadi I Tema Berbagai Pekerjaan. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. Pembimbing (II) Dr. M.Ramli M.A. Kata Kunci suplemen bahan ajar pengembangan kearifan lokal Permasalahan yang muncul dari muatan isi bahan ajar seperti ketidaksesuaian antara kompetensi dasar dan materi materi dengan lingkungan keseharian siswa yang kurang kontekstual kurangnya pendalaman dan pemahaman jati diri karakter yang ada dalam kegiatan pembelajaran siswa membuat siswa cenderung pasif dan mengalami kesulitan dalam memahami materi isi serta kurangnya pengenalan potensi budaya ekonomi dan wisata pendidikan lokal terhadap siswa dalam pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti mengembangkan suplemen bahan ajar berbasis kearifan lokal yang terintegrasi dengan nilai-nilai kearifan serta penyesuaian karakteristik lingkungan tempat tinggal siswa dengan menciptakan produk buku yang bersifat sebagai pelengkap dengan berbasis kearifan lokal di Kota Malang. Pengembangan produk bahan ajar menggunakan langkah-langkah model pengembangan 4-D dengan tahapan define design develop dan disseminate. Dalam tahap define peneliti menetapkan dan mendefinisikan tentang kebutuhan tujuan pembelajaran dengan menganalisis batasan materi dan kompetensi. Tahap design berupa langkah merancang produk yang dikembangkan dengan mempertimbangkan pemilihan media penyusunan tes serta format produk bahan ajar. Tahap develop mencangkup pengembangan melalui validasi penilaian produk dan uji coba pengembangan dengan menggunakan instrumen lembar validasi angket lembar observasi serta lembar tes. Subjek uji pengembangan meliputi 6 siswa dan 22 siswa beserta seorang guru model. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif yang meliputi analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan didapatkan data pengembangan bahan ajar yaitu (a) hasil data validasi ahli terhadap buku guru mencapai persentase 90% buku siswa mencapai persentase 90% keduanya menunjukkan kriteria sangat valid (b) hasil data uji kemenarikan terhadap buku guru mencapai persentase 95 83% sedangkan terhadap buku siswa mencapai persentase 95 23% keduanya mencapai kriteria sangat menarik (c) hasil data uji kepraktisan pada observasi guru mencapai persentase 93 27% dan aktivitas siswa mencapai persentase 93 32% kriteria sangat baik dan dari angket respon guru mencapai persentase 95 31% angket respon siswa mencapai persentase 91 80% yang menunjukkan kriteria sangat praktis (d) hasil data keefektifan produk menunjukkan bahwa hasil belajar dari 22 mengalami peningkatan dari nilai rata-rata hasil pretest 56 09 meningkat menjadi 83 77 pada hasil posttest dengan menggunakan tes dari aspek pengetahuan berdasarkan pemetaan indikator. Proses penerapan pembelajaran dengan menggunakan suplemen bahan ajar perlu diperhatikan saran bagi guru yang akan menggunakan suplemen buku siswa berbasis kearifan lokal guru sebaiknya terlebih dahulu mempelajari buku guru sebagai acuan pedoman dalam menggunakan buku siswa serta perlu adanya pemahaman tentang nilai kearifan lokal. Saran penyebaran suplemen bahan ajar sebaiknya dilakukan hanya pada lingkup di Sekolah Dasar wilayah Kota Malang dalam bentuk hard copy atau e-book dengan kajian literasi dan analisis kebutuhan sekolah. Saran pengembangan tindak lanjut dapat dikembangkan bahan ajar berbasis kearifan lokal pada sekolah lain di luar Kota Malang yang tidak hanya pada tema berbagai pekerjaan. Selain itu peran siswa perlu dilibatkan dalam menentukan topic atau konsep saat menerapkan proses inquiri dan saintifik dalam proses penyusunan buku yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69341

Actions (login required)

View Item View Item