Pengaruh penerapan prinsip andragogi terhadap motivasi belajar peserta pelatihan keluarga sehat angkatan XII UPT pelatihan Kesehatan Masyarakat Murnajati Lawang / Restu Ardika

Ardika, Restu (2019) Pengaruh penerapan prinsip andragogi terhadap motivasi belajar peserta pelatihan keluarga sehat angkatan XII UPT pelatihan Kesehatan Masyarakat Murnajati Lawang / Restu Ardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ardika, Restu. 2019. Pengaruh Penerapan Prinsip Andragogi pada Motivasi Belajar Peserts Pelatihan Keluarga Sehat Angkatan XII di UPT Pelatiahan Kesehatan Masyarakat Murnajati Lawang. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ach. Rasyad, M. P. d., (II) Drs. Lasi Purwito, M. S. Kata Kunci: Prinsip Andragogi, Motivasi Belajar, UPT Pelatiahan Kesehatan Masyarakat Murnajati. Pelatihan adalah kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan sumberdaya manusia melalui proses identifikasi dan pelaksanaan yang terencana untuk meningkatkan kemampuan kerja. Peserta dalam pelatihan adalah orang dewasa maka perlunya penerapan prinsip andragogi. Andragogi adalah seni atau cara untuk mengajar orang dewasa yang memiliki cara dan metode berbeda dengan pembelajan pendagogi. Penerapan teori andragogi dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar, fungsi dari motivasi belajar adalah mendorong seseorang untuk melakukan aktifitas-aktifitas guna mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan, dan mengetahui pengaruh penerpan prinsip adragogi terhadap motivasi belajar pada pelatihan keluarga sehat angkatan XII di UPT Pelatihan Kesehatan Masyarakat Murnajati. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif deskriptif dan regresi, instrumen dalam penelitian ini berjenis kuisioner tertutup dengan bentuk skala linkert. Variabel instrumen berlandaskan prinsip andragogi dan motivasi belajar yang terdiri dari 40 butir pertanyaan masing-masing terdiri dari 21 pertanyan variabel penerapan prinsip andragogi dan 19 pertanyaan variabel motivasi belajar yang telah dilakukan uji validitas dan reliabelitas instrumen penelitian. Berdasarkan analisis deskriptif, mayoritas peserta menyatakan setuju fasilitator menerapkan prinsip, dengan rata-rata sebesar 85,80 atau 81,7 % dari dari nilai yang di harapkan 100%. Selanjutnya mayoritas responden menyatakan setuju memiliki motivasi belajar yang baik dengan penilaian rata-rata motivasi belajar 77,07 atau sebesar 81,2 % dari nilai yang di harapkan100%. Dari analisis regresi didapatkan Y= 4,148+0,850 menunjukan nilai yang positif dapat diartikan bahwa jika penerpan prinsip andragogi ditingkatkan satu satuan maka motivasi belajar akan meningkat sebesar 0,850 satuan,dari hasil uji hipotesis didapatkan adanya pengaruh Penerapan Prinsip Andragogi fasilitator terhadap Motivasi belajar pada peserta pelatihan Keluarga Sehat Angkatan XII di UPT Pelatihan Kesehatan Murnajati Lawang sebesar 61,2%. Penyelenggara pelatihan disarankan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta pelatihan. Fasilitator sarankan meningkatkan penerapan prinsip andragogi terutama dalam mengelola pengalaman belajar peserta didik dan mengevaluasi kembali kebutuhan belajar. Selain itu, fasilitator juga disarankan meningkatkan penerapan prinsip andragogi sehinga diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta pelatihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69340

Actions (login required)

View Item View Item