Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 SD Tahun Ajaran 2017/2018 di Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Yunita Siswanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 SD Tahun Ajaran 2017/2018 di Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Yunita Siswanti

Siswanti, Yunita (2018) Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 SD Tahun Ajaran 2017/2018 di Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Yunita Siswanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Siswanti Yunita. 2018. Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 SD Tahun Ajaran 2017/2018 di Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Siti Umayaroh S.Pd. M.Pd. (II) Drs. M. Imron Rosyadi H. SY. S.Pd. M.Pd. Kata Kunci implementasi pembelajaran kurikulum 2013 Peningkatan kualitas pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar (SD) perlu dilaksanakan melalui perbaikan pembelajaran. Indikator keberhasilan dalam pembelajaran dapat dilihat dari rancangan pada Kurikulum yang telah dibuat. Kurikulum 2013 mengutamakan pembelajaran yang mampu memberikan pengalaman bermakna bagi siswa. Pembelajaran Kurikulum 2013 harus dilaksanakan sesuai Standar Proses yang telah dirancang oleh Pemerintah. Berdasarkan hasil observasi wawancara dan angket ditemukan permasalahan terkait ketidakselarasan harapan pendidikan pada standar proses dengan realita di lapangan. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik dengan judul ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika guru dalam implementasi Kurikulum 2013 SD tahun ajaran 2017/2018 di gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Fokus penelitian yakni problematika terkait pemilihan materi dan pelaksanaan evaluasi Kurikulum 2013. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi. Sumber data dari penelitian ini ialah aktivitas orang dan dokumentasi. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara observasi dan kuesioner menggunakan rumus persentase. Data yang diperoleh merupakan data nominal yang dikonversi menjadi data persentase kemudian diolah dan dianalisis menjadi data deskripsi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner menggunakan skala Guttman dan pedoman observasi menggunakan skala Likert. Berdasarkan data yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa (1) Problematika utama yang ditemui dalam pemilihan isi/materi yaitu susahnya mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan sesuai dengan perkembangan IPTEK dan kehidupan nyata. Problematika yang dialami oleh Guru dalam pemilihan materi tersebut menunjukkan bahwa Guru masih mengalami kesulitan untuk memenuhi tuntutan Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 pasal 3 ayat 2 yang menyebutkan bahwa Guru harus melaksanakan pembelajaran yang memuat secara utuh keempat Kompetensi Dasar berbasis konteks berorientasi pada masa kini dan perkembangan jaman sebagai isi/materi pembelajaran. (2) Problematika utama dalam pelaksanaan evaluasi Kurikulum 2013 terlalu rumit dan kurang efisien dalam prosesnya. Dalam pelaksanaan pembelajaran Guru diminta melaksanakan secara tematik terpadu akan tetapi penilaian yang diminta per mata pelajaran sehingga membutuhkan waktu yang banyak untuk pelaksanaannya. Pada rapot siswa penilaian harus detil sehinggu Guru mengalami kesulitan. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada (1) Guru (2) Kepala Sekolah (3) Dinas Pendidikan Kota Malang dan (4) peneliti lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6934

Actions (login required)

View Item View Item