Peran komunitas organik Brenjonk dalam memberdayakan masyarakat Desa Penanggungan Trawas Mojokerto / Winda Nurul Khasanah

Khasanah, Winda Nurul (2019) Peran komunitas organik Brenjonk dalam memberdayakan masyarakat Desa Penanggungan Trawas Mojokerto / Winda Nurul Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khasanah, Winda Nurul. 2019. Peran Komunitas Organik Brenjonk dalam Memberdayakan Masyarakat Desa Penanggungan Trawas Mojokerto. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Dr. Zulkarnain, M.Pd., M.Si, (2) Sopingi, S.Sos., M.Pd Kata kunci: pemberdayaan masyarakat, Komunitas Organik Brenjonk, Ekoeduwisata organik Pemberdayaan masyarakat merupakan proses untuk meningkatkan kemampuan dan kekuatan masyarakat sekaligus sebagai proses untuk memfasilitasi dan mendorong masyarakat agar mampu menempatkan diri secara proposional dan menjadi pelaku utama untuk mencapai suatu pembangunan jangka panjang Penelitian ini memiliki tujuan dalam mendeskripsikan Peran Komunitas Organik Brenjonk dalam Proses Memberdayakan Masyarakat di Desa Penanggungan dengan mengangkat isu-isu mengenai ketahanan pangan (food safety), lingkungan hidup (environment), dan kemiskinan (poverty) dengan mempromosikan pertanian yang berkelanjutan melalui budidaya pertanian organik. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif yang dirancang dalam bentuk studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Proses analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus yang kemudian akan direduksi, disajikan dan ditarik dalam sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Peran Komunitas Organik Brenjonk dalam Memberdayakan Masyarakat desa Penanggungan dengan melakukan (a)Promosi mengenai Pertanian Organik, (b)menjalin kemitraan dengan petani dengan mengatur struktur organisasi dengan petani (c) melakukan penggerakan budidaya tanaman organik, (d)melakukan pembinaan dan coaching clinic pada teknik budidaya tanaman organik (e)melakukan monitoring dan pendampingan lanjutan untuk mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat dengan budidaya tanaman organik. Bidang pertanian merupakan salah satu bidang yang ada dalam kegiatan pemberdayaan, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi sumber daya yang ada di daerah yang akan diberdayakan. Sehingga pemberdayaan yang dilakukan akan dapat berjalan dengan baik dan lebih optimal. Adapun rekomendasi untuk mengoptimalkan pemberdayaan yang telah dilakukan, komunitas dapat memberikan pendampingan lanjutan dalam merawat tanaman secara berkelanjutan yang nantinya akan membantu memandirikan masyarakat dalam menyediakan bahan kebutuhan pertanian secara alami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69339

Actions (login required)

View Item View Item