Motivasi belajar pada pelatihan pengolahan hasil pertanian di Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja Wonojati Singosari Malang / Dini Desita

Desita, Dini (2019) Motivasi belajar pada pelatihan pengolahan hasil pertanian di Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja Wonojati Singosari Malang / Dini Desita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Desita, Dini. 2019. Motivasi Belajar Pada Pelatihan Kejuruan Pengolahan Hasil Pertanian di Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja Wonojati Singosari Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. M. Ishaq, M.Pd dan (2) Sopingi, S.Sos, M.Pd Kata kunci: motivasi belajar, pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian (PHP), UPT BLK Wonojati Singosari Malang Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) merupakan salah satu kejuruan yang berada di UPT BLK Wonojati Singosari Malang. Pelatihan pada kejuruan ini ditujukan bagi masyarakat yang ingin menambah, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan di bidang pengolahan hasil pertanian terutama pembuatan roti. Ilmu dari kejuruan ini bersifat praktis yang artinya ilmu tersebut dapat langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menarik minat masyarakat untuk mempelajari ilmu Pengolahan Hasil Pertanian. Dibalik minat masyarakat terhadap pelatihan ini terdapat motivasi yang mendorong masyarakat untuk mengikuti pelatihan ini. berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai motivasi belajar pada kejuruan Pengolahan Hasil Pertanin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar intrinsik atau motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri dan motivasi ekstrinsik atau motivasi yang berasal dari luar diri.pada kejuruan Pengolahan Hasil Pertanian di UPT BLK Wonojati Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di lembaga UPT BLK Wonojati Singosari Malang tepatnya di PHP pada Maret 2019. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta pelatihan dan instruktur pelatihan. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis data mendapatkan kesimpulan yaitu: pertama, motivasi intrinsik yaitu faktor persepsi awal peserta mengenai kejuruan ini, minat peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan, dan faktor harapan dimasa yang akan datang. Kedua yaitu faktor lembaga dalam memberikan informasi mengenai kejuruan ini sendiri, faktor instruktur pelatihan dalam pemberian materi, faktor lingkungan tempat belajar yang kondusif, faktor fasilitas pelatihan yang lengkap, faktor kesesuaian materi dengan bayangan peserta sebelum mengikuti pelatihan, dan faktor bahan-bahan yang digunakan dalam praktek. Saran yang diberikan kepada pihak lembaga terutama pihak kejuruan yaitu untuk lebih memperhatikan kembali fasilitas-fasilitas yang digunakan untuk kegiatan pelatihan baik kegiatan pemberian materi ataupun kegiatan praktek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69336

Actions (login required)

View Item View Item