Strategi pamong dalam menumbuhkan keberanian anak untuk melaksanakan storytelling di Sekolah Minggu Gereja Allah Baik Suncity Sidoarjo / Catur Setya Adi Nugroho

Nugroho, Catur Setya Adi (2019) Strategi pamong dalam menumbuhkan keberanian anak untuk melaksanakan storytelling di Sekolah Minggu Gereja Allah Baik Suncity Sidoarjo / Catur Setya Adi Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nugroho, Catur Setya Adi. 2019. Strategi Pamong dalam Menumbuhkan Keberanian Anak Untuk Melaksanakan Storytelling di Sekolah Minggu Gereja Allah Baik Suncity Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Umi Dayati, M.Pd dan (II) Kukuh Miroso Raharjo,S.Pd.M.Pd Kata kunci: Strategi, Strategi Pembelajaran, Sekolah Minggu, Storytelling. Strategi pembelajaran merupakan hal yang penting untuk diterapkan demi keberhasilan sebuah pemdidikan. Sekolah minggu Gereja Allah Baik Suncity Sidoarjo merupakan tempat bagi anak-anak untuk menerima pendidikan agama Kristen dalam mengenal firman Tuhan melalui storytelling. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran pamong dalam menumbuhkan keberanian anak untuk melaksanakan storytelling, (2) mendeskripsikan perkembangan keberanian anak untuk melaksanakan storytelling, dan (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran pamong dalam menumbuhkan keberanian anak untuk melaksanakan storytelling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) Koordinator sekolah minggu, (2) Kepala sekretariat Gereja, dan (3) Pamong sekolah minggu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran dengan storytelling sudah cocok dan efektif untuk diterapkan pada anak-anak di sekolah minggu. Hal ini bisa dikatakan karena hasil yang anak-anak capai cukup memuaskan. Buktinya pada pelajaran agama kristen yang mereka kerjakan, nilai-nilai yang didapatkan semakin hari semakin meningkat dan keberanian anak bisa bertumbuh dari minggu ke minggu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang sudah diterapkan bagi anak-anak di sekolah minggu sudah cocok dan efektif. Nilai-nilai materi pembelajaran agama Kristen yang didapatkan semakin hari semakin meningkat sedangkan untuk keberanian pada diri anak-anak senantiasa bertumbuh dan berkembang setiap minggunya. Saran peneliti terhadap penelitian ini adalah (1) lebih ditambahkan lagi fasilitas belajar bagi anak-anak dan terutama juga bagi para pamong yang mengajar, (2) diharapkan koordinator sekolah minggu untuk senantiasa menemani dan membimbing anak-anak dalam setiap proses pembelajarannya, dan (3) diharapkan kepada pamong untuk bisa masuk kedalam dunia anak atau menjadi seperti anak ketika sedang mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69334

Actions (login required)

View Item View Item