Self image orangtua memilih pendidikan anak usia dini (studi kasus pada Tarbiyatul Athfal Ar Ridlo Kota Malang) / Cevyana Nafa Izzani

Izzani, Cevyana Nafa (2019) Self image orangtua memilih pendidikan anak usia dini (studi kasus pada Tarbiyatul Athfal Ar Ridlo Kota Malang) / Cevyana Nafa Izzani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Izzani, Cevyana Nafa. 2015. Self Image Orangtua dalam Memilih Pendidikan Anak Usia Dini Studi Kasus pada Tarbiyatul Athfal Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Umi Dayati, M.Pd (II) Drs. H. Moh Ishom, M.Pd. Kata Kunci:Self Image Orangtua, Pendidikan Anak Usia Dini Unsur dalam lapisan masyarakat adalah kedudukan (status). Kedudukan diartikan sebagai posisi dalam suatu kelompok sosial. Kedudukan tersebut membuat manusia membentuk self image atau citra diri dalam hidup bermasyarakat. Citra diri akan menentukan kehidupan termasuk pada pemilihan sekolah. Semakin baik kualitas suatu sekolah semakin besar pula rasa kebanggaan dan citra diri orangtua.. Hasil penelitian ditemukan bahwa pandangan orangtua tentang TA Ar Ridlo baik di mata walimurid. Mereka mengganggap bahwa ArRidlo adalah sekolah dengan biaya besar dan berkualitas:Terdapat tiga segi pandangan orangtua mengenai kualitas TA Ar Ridlo (1) Segi pendidik, menurut orangtua pendidik di TA ArRidlo memiliki kompetensi yang baik, (2) Segi pembelajaran Ar Ridlo sudah baik, sebagai sekolah Islam Ar Ridlo mampu mengajarkan dasar-dasar agama dan pembelajaran yang kreatif,(3) Segi fasilitas Ar Ridlo memiliki fasilitas yang memadai sesuai dengan proses pembelajaran. Dengan kualitas sekolah yang baik walimurid merasa senang memilih Ar Ridlo sebagai tempat sekolah anak.Biaya yang dikeluarkan bukan masalah bagi orangtua demi mendapatkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Dari situlah timbul self image dari walimurid yang dapat dilihat dari beberapa segi: (1) Trendi, penampilan adalah cara termudah untuk menilai seseorang. Dengan penampilan mereka merasa dihargai, mereka setuju bahwa penampilan sangat penting, (2) Sosialita, mereka aktif dalam kegiatan paguyuban sekolah dan menyumbangkan pikiran, tenaga bahkan materi untuk agenda kegiatan sekolah bersama walimurid. Bahkan diluar sekolah beberapa walimurid memiliki perkumpulan sendiri sekedar untuk sharing dan arisan, (3) Keluarga yang berkelas dengan memiliki ikatan yang harmonis sehingga timbul komunikasi yang baik, mapan dari segi materi dan latar belakang pendidikan tinggi orangtua yang membuat mereka ingin hal serupa terhadap anak. Saran pertama, TA Ar Ridlo memiliki nilai yang baik di mata walimurid dengan segala aspek yang sesuai di dalamnya. Ar Ridlo memiliki tanggung jawab besar agar terus menjaga eksistensi dan kualitas yang ada, sehingga Ar Ridlo dapat menghasilkan bibit-bibit unggul untuk pendidikan selanjutnya dan Ar Ridlo menjadi sekolah Islam unggulan di Kota Malang yang diminati masyarakat. Saran kedua, sebagai orangtua memang memiliki andil dan eksistensi yang besar dalam pendidikan anak usia dini, namun eksistensi tersebut baiknya digunakan untuk hal-hal positif dengan bertindak dan menciptakan kegiatan yang bermanfaat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69331

Actions (login required)

View Item View Item