Analisis penerapan pendekatan saintifik dalam buku siswa kelas V tema 1 edisi revisi tahun 2017 kurikulum 2013 / Lukluk Maknun

Maknun, Lukluk (2018) Analisis penerapan pendekatan saintifik dalam buku siswa kelas V tema 1 edisi revisi tahun 2017 kurikulum 2013 / Lukluk Maknun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Maknun, Lukluk. 2018. Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Buku Siswa Kelas V Tema 1 Edisi Revisi Tahun 2017 Kurikulum 2013. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Harti Kartini, M.Pd (II) Dra. Sri Estu Winahyu, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Buku Siswa, Kurikulum 2013. Penggunaan bahan ajar meskipun telah melalui tahapan sistematis namun tidak tertutup kemungkinan ditemukan beberapa hal yang kurang sesuai, khususnya dalam penerapan pendekatan saintifik. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis pada buku siswa kelas V tema Organ Gerak Hewan dan Manusia. Analisis difokuskan pada penerapan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik pada aspek mengamati, menanya, mencari informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian analisis isi. Sumber data yaitu buku siswa kelas V tema 1 edisi revisi 2017. Penelitian dilakukan dengan mencermati setiap aktivitas yang dipaparkan dalam buku siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa penulisan pada buku siswa mengenai penerapan aspek mengamati kegiatan yang selalu diterapkan yaitu siswa diminta membaca sedangkan yang jarang diterapkan yaitu kegiatan yang mendorong siswa melakukan kegiatan mendengar dan menyimak, pada aspek menanya yang sering diterapkan yaitu kegiatan tanya jawab dalam berdiskusi, sedangkan yang jarang diterapkan yaitu kegiatan yang memotivasi siswa membuat pertanyaan dan mengajukan pertanyaan, pada aspek mengumpulkan informasi kegiatan yang selalu diterapkan yaitu siswa diminta mencoba, sedangkan yang tidak pernah diterapkan yaitu kegiatan yang memberi kesempatan siswa mendemonstrasikan hasil kerjanya, pada aspek menalar kegiatan yang sering diterapkan yaitu siswa diminta menganalisis data, sedangkan yang jarang diterapkan yaitu kegiatan yang meminta siswa menyimpulkan, pada aspek mengomunikasikan yang sering diterapkan yaitu kegiatan yang mendorong siswa menyusun laporan tertulis, sedangkan yang jarang diterapkan yaitu kegiatan yang mendorong siswa menyajikan laporan secara lisan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik yang terdapat pada buku siswa masih kurang optimal terutama pada kegiatan mendengar, menyimak, membuat dan mengajukan pertanyaan, mendemons-trasikan, menyimpulkan, dan menyajikan laporan secara lisan. Untuk itu disarankan kepada penulis buku hendaknya mengoptimalkan penerapan pendekatan saintifik dalam buku revisi mendatang. Kepada guru atau pengguna hendaknya melakukan inovasi agar semua kegiatan dalam pendekatan saintifik dapat diterapkan, serta guru dapat menggunakan buku panduan lain yang relevan untuk menunjang tercapainya penerapan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6933

Actions (login required)

View Item View Item