Faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan program pelatihan tata niaga bagi peserta didik perempuan di UPT Pelatihan Kerja (BLKI) Singosari Kabupaten Malang / Yayas Dwi Permana

Permana, Yayas Dwi (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan program pelatihan tata niaga bagi peserta didik perempuan di UPT Pelatihan Kerja (BLKI) Singosari Kabupaten Malang / Yayas Dwi Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Dwi Permana, Yayas. 2019.Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keefektifan Program Pelatihan Tata Niaga Bagi Peserta Didik Perempuan Di UPT Pelatihan Kerja (BLKI) Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Ach. Rasyad, M.Pd. (II) Drs. Suripan, M.M. Kata Kunci: Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi, Keefektifan Program Pelatihan. Perkembangan zaman yang semakin moderen terutama pada era globalisasi seperti sekarang ini menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas. Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan prasyarat untuk mencapai tujuan pembangunan. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah melalui pendidikan dan pelatihan. Pelatihan kompentensi atau keahlian pada bidang tata niaga merupakan salah satu bentuk pendidikan yang diselenggarakan melalui jalur PLS dengan mengutamakan pembekalan keterampilan guna meningkatkan kecakapan hidup bagi masyarakat, yang berguna untuk kepentingan diri pribadinya maupun bisa di manfaatkan bagi kepentingan dunia kerja dan profesinnya. Sementara itu, demi terselenggaranya pelatihan sehingga dapat dikatakan efektif atau mencapai tujuan, pelatihan tata niaga UPT BLKI Singosari Kabupaten Malang, juga mengandalkan komponen umum dari pelatihan yaitu kualitas tutor, kesesuaian bahan belajar, kesesuaian metode, dan keragaman media. Berdasarkan hasil identifikasi terhadap peserta pelatihan tata niaga di UPT – Pelatihan Kerja (BLKI) Singosari Kabupaten Malang, diketahui bahwa mereka merupakan warga masyarakat umum yang benar – benar berminat dan membutuhkan pelatihan tata niaga dengan bidang pelatihan masing – masing guna memperdalam keterampilan mereka. Tujuan penelitian ini adalah bagaimanakah program pelatihan tata niaga di UPT – Pelatihan Kerja (BLKI) Singosari Kabupaten Malang dapat dipandang efektif atau mencapai tujuan, dan memberikan kontribusi berarti bagi peserta didik perempuan, serta untuk menganalisis faktor – faktor apa saja yang berpengaruh terhadap keefektifan program pelatihan tata niaga. Jenis rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif korelasional, dan data di analisis dengan teknik analisis regresi linier berganda untuk menentukan pengaruh kualitas tutor, kesesuaian bahan belajar, kesesuian metode dan keragaman media terhadap keefektifan program pelatihan tata niaga atau hasil belajar peserta didik perempuan di UPT BLKI Singosari Kabupaten Malang. Subjek penelitian ini adalah peserta pelatihan tata niaga UPT – Pelatihan Kerja (BLKI) Singosari Kabupaten Malang perempuan. Responden penelitian ini adalah peserta didik pelatihan tata niaga di UPT Pelatihan yang berjumlah 62 orang, yang di tetapkan dengan metode Purposive Sampling, yang terdiri peserta didik perempuan pelatihan tata niaga dengan bidang keterampilan Administrasi Perkantoran, Operator ii Komputer, English For The Office, Basic Microsoft Office dan bahasa jepang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket dengan skala jawaban menggunakan skala likert, dengan 4 pilihan jawaban, untuk mengetahui kualitas tutor, kesesuaian bahan belajar, keseuaian metode, dan keberagaman media dalam pelatihan tata niaga yang sudah melewati uji validitas dan reliabilitas instrument, dengan 18 butir pernyataan yang dinyatakan valid dengan hasil uji reliabilitas sebesar 0,811. Hasil penelitian ditemukan bahwa kualitas tutor, kesesuaian bahan belajar, kesesuian metode, dan keberagaman media dalam pelatihan tata niaga dikatakan sangat bagus. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh atau disajikan sebagai berikut : Kontribusi kualitas tutor berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik perempuan pelatihan tata niaga di UPT BLKI Singosari Kabupaten Malang secara parsial memiliki nilai t-hitung sebesar 7,17, sehingga varabel ini dikatakan berpengaruh terhadap hasil belajar artinya nilai t-hitung 7,17 > nilai t-tabel 1,993, dengan nilai signifikan 0,477. Kontribusi kesesuaian bahan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik perempuan tata niaga di UPT BLKI Singosari Kabupaten Malang secara parsial dengan nilai t-hitung sebesar 6,25 sehingga varabel ini dikatakan berpengaruh terhadap hasil belajar sebab nilai t-hitung 6,25 > nilai t-tabel 1,993 Dengan nilai signifikan 0,534. Kontrisbusi kesesuaian metode pelatihan kurang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik perempuan tata niaga di UPT BLKI Singosari Kabupaten Malang secara parsial dengan nilai t-hitung sebesar 1,58 sementara dengan nilai ttabel sebesar 1,993 sehingga varabel ini dikatakan tidak berpengaruh terhadap hasil belajar sebab nilai t-hitung 1,58 < nilai t-tabel 1,993. Dengan nilai signifikan 0,875. Kontribusi keberagaman media terhadap hasil belajar peserta didik perempuan tata niaga di UPT BLKI Singosari Kabupaten Malang secara parsial dengan nilai thitung sebesar 9,42 sehingga varabel ini dikatakan berpengaruh terhadap hasil belajar sebab nilai t-hitung 9,42 > nilai t-tabel 1,993 Dengan nilai signifikan 0,350. Secara silmultan variabel kualitas tutor, kesesuaian bahan belajar, kesesuaian metode, dan keberagaman media berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik perempuan pelatihan tata niaga di UPT BLKI.Singosari Kabupaten Malang dengan nilai Koefisien determinan R square sebesar 0,032 dan F-hitung sebesar 4,70 secara bersama – sama keempat variabel ini dikatakan berpengaruh terhadap keefektifan program pelatihan atau hasil belajar peserta pelatihan tata niaga UPT BLKI Singosari Kabupaten Malang, sebab nilai F-hitung 4,70> nilai F-tabel 2,337 Dengan signifikan sebesar 0,032. Kesimpilan hasil penelitian ini dapat membuktikan bahwa pelatihan tata niaga di UPT BLKI Singosari Kabupaten Malang dapat dikatakan efektif atau mencapai tujuan hasil belajar yang baik, dengan pembuktian kualitas tutor, kesesuaian bahan belajar, dan media berpengaruh, tetapi hanya metode yang tidak bepengaruh secara signifikan. Sehingga dalam hal ini dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak secara simultan. Secara parsial dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak untuk variabel kualitas tutor, Ha diterima dan Ho ditolak untuk variabel kesesuaian bahan belajar, iii Ha ditolak dan Ho diterima untuk variabel kesesuaian metode, dan Ha diterima dan Ho ditolak untuk variabel keberagaman media. Dengan demikian dapat dikatakan faktor kualitas tutor, kesesuaian bahan belajar, kesesuaian metode dan keberagaman media berpengaruh terhadap keefektifan program pelatihan tata niaga di UPT BLKI Singosari Kabupaten Malang. Dari hasil kesimpulan diatas disarankan untuk UPT BLKI Singosari Kabupaten Malang. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan informasi dan pertimbangan untuk mengembangkan metode pelatihan yang ada di UPT Pelatihan Kerja (BLKI) Singosari Malang, agar lebih beragam dan sesuain dengan kebutuhan peserta pelatihan. Selain itu penelitian ini juga dapat dijadikan acuan, supaya lembaga ini dapat terus maju dan bekembang. Bukan hanya kejuruhan tata niaga, melaikan juga kejuruhan – kejuruhan yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69328

Actions (login required)

View Item View Item