Kemampuan berbicara siswa kelas V SD Negeri se-Gugus 5 Kecamatan Klojen Kota Malang / Aulina Khasanah

Khasanah, Aulina (2018) Kemampuan berbicara siswa kelas V SD Negeri se-Gugus 5 Kecamatan Klojen Kota Malang / Aulina Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khasanah Aulina. 2018. Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V SD Negeri Se-gugus 5 Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi. Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Badawi S.Pd M.Pd (II) Drs. Dimyati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Berbicara Kemampuan Berbicara. Kemampuan berbicara adalah kemampuan mengucapkan kalimat-kalimat untuk mengekspresikan menyatakan menyampaikan pikiran gagasan dan perasaan. Penguasaan kemampuan berbicara merupakan hal yang penting mengingat berbicara merupakan suatu wujud komunikasi yang tidak dapat lepas dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan peneliti di SDN Bareng 2 Kota Malang peneliti menemukan bahwa di kelas VA pada saat diberikan kesempatan berbicara masih ada beberapa siswa yang malu dan tidak mau berbicara didepan kelas walaupun ada beberapa siswa yang berani tetapi cara berbahasanya masih belum benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus 5 Kecamatan Klojen Kota Malang dalam aspek kebahasaan dan (2) kemampuan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus 5 Kecamatan Klojen Kota Malang dalam aspek nonkebahasaan. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini diperlukan sebagai pengumpul data penganalisis data dan sekaligus pembuat laporan hasil penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri se-gugus 5 Kecamatan Klojen Kota Malang. Waktu pelaksanaan penelitian yaitu pada bulan April-Mei 2018. Partisipan dalam penelitian in yakni 137 siswa dan akan diambil sampel partisipan sebanyak 41 siswa. Sumber data dan data dalam penelitian in didapatkan dari hasil observasi tindakan yang berhubungan dengan kemampuan berbicara siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahap-tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap penelitian meliputi (1) tahap persiapan (2) tahap pelaksanaan dan (3) tahap penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas V SD Negeri se-gugus 5 Kecamatan Klojen Kota Malang ditinjau dari aspek kebahasaan termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata keseluruhan nilai yang diperoleh siswa yakni 71 yang termasuk dalam kategori baik (B). Pada aspek kebahasaan siswa sudah mampu mengucapkan kata dengan baik kendati masih ada sedikit siswa yang pengucapannya salah. Siswa juga telah mampu menempatkan tekanan nada sendi dan durasi yang tepat tetapi tidak semua siswa memberikan tekanan pada kata tertentu. Pola kalimat lisan siswa kebanyakan sudah benar tetapi dalam seggi keefektifan kalimatnya masih kurang. Pilihan kata (diksi) yang digunakan siswa sudah sesuai dengan cerita tetapi masih belum bervariasi dan ada beberapa siswa yang mencampurkan bahasa Jawa dalam bercerita. Kemampuan berbicara siswa ditinjau dari aspek nonkebahasaan termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata keseluruhan nilai yang diperoleh siswa yakni 63 yang termasuk dalam kategori cukup (C). Pada aspek kebahasaan indikator gaya penyampaian masih sangat sedikit siswa yang sudah mampu menambahkan gerakan dan mimik yang tepat dalam bercerita. Kebanyakan siswa masih malu dan sibuk memainkan tangannya sendiri. Kelancaran siswa dalam bercerita sudah lebih baik tetapi masih ada beberapa siswa yang pada saat berbicara masih tersendat. Pada saat siswa bercerita suaranya sudah banyak yang nyaring tetapi masih ada beberapa siswa yang suaranya tidak memenuhi ruangan. Relevansi antar kalimat saat bercerita masih kurang. Keberanian siswa sudah baik tetapi masih lebih banyak siswa yang kurang berani dalam menyampaikan ceritanya. Rata-rata seluruh siswa menguasai topik cerita yang diceritakan tetapi masih ada yang ceritanya belum memenuhi unsur 5W 1H. Berdasarkan hasil penelitian penelitian ini terdapat beberapa saran yang diajukan peneliti yaitu (1) bagi guru disarankan dengan adanya paparan tentang kemampuan berbicara siswa dapat dijadikan dasar untuk mengembangkan pembelajaran yang dapat memicu peningkatan kemampuan berbicara siswa (2) bagi kepala sekolah disarankan dapat memprogramkan peningkatan kemampuan berbicara siswa. (3) bagi siswa disarankan untuk belajar lebih giat lagi mengingat hasil tes kemampuan berbicara menunjukkan angka yang masih cukup rendah. (4) bagi peneliti lain disarankan untuk dapat mengembangkan penelitian ini dengan menganalisis penyebab masih kurangnya kemampuan berbicara siswa kelas V SD Negeri Se-gugus 5 Kecamatan Klojen Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6931

Actions (login required)

View Item View Item