Penggunaan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi keanekaragaman budaya Indonesia di kelas IV SD Kristen Elim Sukun Kota Malang / Grace Rosalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi keanekaragaman budaya Indonesia di kelas IV SD Kristen Elim Sukun Kota Malang / Grace Rosalia

Rosalia, Grace (2018) Penggunaan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi keanekaragaman budaya Indonesia di kelas IV SD Kristen Elim Sukun Kota Malang / Grace Rosalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosalia Grace. 2018. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pembelajaran IPS Materi Keanekaragaman Budaya Indonesia di Kelas IV SD Kristen Elim Sukun Kota Malang. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Murtiningsih M. Pd (II) Dra. Sri Sugiharti M.Pd. Kata kunci Penggunaan Media Gambar Aktivitas Siswa Hasil Belajar Siswa. Gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual dalam bentuk dua dimensi sebagai curahan perasaan atau pikiran. Media gambar dapat membantu meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa terutama yang berhubungan dengan keanekaragaman budaya Indonesia. Dari hasil observasi pra tindakan diperoleh data hasil belajar siswa rata-rata 69 6. Dari 26 siswa yang mencapai KKM ( 61619 70) hanya 9 siswa. Hal ini disebabkan pada pembelajaran belum menggunakan media. Sehingga siswa kurang aktif dan tertarik pada kegiatan belajar mengajar. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan media gambar pembelajaran IPS materi keanekaragaman budaya Indonesia (2) aktivitas belajar siswa dan (3) hasil belajar siswa sesudah pembelajaran IPS materi keanekaragaman budaya Indonesia. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dan jenisnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang meliputi tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan observasi tes dan dokumentasi. Pada siklus 1 sebesar 88 8% dan siklus 2 meningkat menjadi 100% hasil peningkatan penggunaan media gambar 11 2%. Aktivitas belajar pada siklus I nilai sebesar 75%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai 83 3%. Peningkatan aktivitas belajar siswa 8 3%. Hasil belajar siswa pada pra tindakan rata-rata nilai siswa 69 6 pada siklus I sebesar 74 2 pada siklus II sebesar 83. Peningkatan hasil belajar siswa dari pratindakan ke siklus I sebesar 4 6 peningkatan hasil belajar siswa dari pratindakan ke siklus I sebesar 8 8.Dapat disimpulkan media gambar dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa. Penggunaan media oleh guru belum maksimal maka dari itu penggunaan media perlu dimaksimalkan terutama media gambar pakaian adat dan rumah adat pada pembelajaran IPS materi keanekaragaman budaya Indonesia. Aktivitas belajar siswa sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas masih belum optimal karena guru masih belum maksimal diharapkan guru menggunakan media gambar untuk memperjelas materi keanekaragaman budaya Indonesia. Hasil belajar siswa sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas masih belum optimal maka dari itu diharapkan guru melakukan penilaian akhir untuk mengetahui peningkatannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6930

Actions (login required)

View Item View Item