Studi kasus pendidikan kedisiplinan di kelas IV SDN Bumiayu 3 Kota Malang / Atika Indra S.

Indra S., Atika (2018) Studi kasus pendidikan kedisiplinan di kelas IV SDN Bumiayu 3 Kota Malang / Atika Indra S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK S, Atika Indra. 2017. Studi Kasus Pendidikan Kedisiplinan di Kelas IV SDN Bumiayu 3 Kota Malang. Skripsi Prodi S1ÔÇôPendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. SaÔÇÖdun Akbar, M.Pd., (II) Dra. Nur Hanifah, M.Pd. Kata Kunci: Karakter, Kedisiplinan siswa, Sekolah Dasar Kedisiplinan merupakan suatu pengendalian perilaku yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai sosial pada seseorang yang nantinya akan menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan yang ada. Hal inilah yang menjadikan alasan mengapa kedisiplinan merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seluruh siswa. Kedisiplinan yang berlaku di sekolah dibagi menjadi dua, yaitu kedisiplinan di sekolah dan kedisiplinan di dalam kelas. Dalam penelitian ini akan berfokus pada kedisiplinan siswa di dalam kelas yang terdiri dari ketaatan terhadap kegiatan belajar di kelas, ketertiban diri saat belajar di kelas, ketaatan dalam mengerjakan tugas-tugas mata pelajaran, dan ketaatan terhadap waktu yang telah diberikan (disiplin waktu). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SDN Bumiayu 3 Kota Malang. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SDN Bumiayu 3 Kota Malang. Teknik yang akan digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini triangulasi teknik diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles and Heburman yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang dilakukan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya upaya guru dalam mendisiplinkan siswa telah berpengaruh pada kedisiplinan yang dimiliki siswa. Terdapat peningkatan kedisiplinan yang dimiliki siswa terutama pada disiplin siswa di dalam kelas. Hal ini ditujukkan dengan sikap disiplin siswa saat di dalam kelas terlebih pada saat pembelajaran berlangsung. Selain itu, dengan adanya upaya guru dalam mendisiplinkan siswa, secara tidak langsung telah menumbuhkan karakter lain dalam diri siswa. Karakter-karakter tersebut yaitu jujur, tertib, sopan santun, relegius, mandiri, cinta tanah air, peduli sosial, bersahabat, tanggung jawab, peduli lingkungan, dan cinta damai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6928

Actions (login required)

View Item View Item