Persepsi guru dalam penerapan gerakan literasi sekolah dasar negeri segugus 5 Kecamatan Klojen Kota Malang / Retno Annisa

Annisa, Retno (2018) Persepsi guru dalam penerapan gerakan literasi sekolah dasar negeri segugus 5 Kecamatan Klojen Kota Malang / Retno Annisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Annisa Retno. 2018. Persepsi Guru dalam Penerapan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar Negeri Se-gugus 5 Kecamatan Klojen Kota Malang Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Siti Umayaroh S.Pd M.Pd.(II) Dra. Harti Kartini M.Pd. Kata Kunci persepsi guru literasi sekolah dasar Literasi tidak sekadar kegiatan membaca dan menulis namun literasi merupakan kegiatan yang mencakup keterampilan berpikir dan menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak maupun noncetak. Akan Tetapi banyak guru menganggap bahwa literasi terbatas pada kegiatan membaca saja. Hasil observasi awal yang dilakukan pada kelas IV SDN Bareng 2 bulan Agustus 2017 dalam kegiatan literasi siswa hanya diminta membaca buku yang tersedia di sudut baca. Setelah itu guru langsung memulai pembelajaran sepertia biasa tanpa menggali lebih lanjut informasi yang diperoleh. Oleh karena itu perlu informasi secara mendalam tentang persepsi guru terhadap penerapan gerakan literasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap penerapan gerakan literasi sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan 45 item pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan program SPSS for windows versi 21. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru Sekolah Dasar Negeri se-gugus 5 Kecamatan Klojen Kota Malang berjumlah 71 orang yang seluruhnya ditetapkan sebagai sampel (total sampel). Data yang terkumpul berupa jawaban dari guru yang dianalisis dengan program Microsoft Excel. Hasil analisis menunjukkan lebih dari setengah jumlah responden beranggapan bahwa literasi terbatas pada kegiatan membaca dan literasi hanya dilakukan satu kali seminggu. Namun secara keseluruhan persepsi guru tentang literasi gerakan literasi sekolah dan penerapan gerakan literasi sekolah dalam kategori baik. Berdasarkan pembahsan dan simpulan disarankan kepada pihak sekolah hendaknya memberikan sosialisasi kepada para guru mengenai Gerakan Literasi Sekolah. Guru hendaknya tidak menekankan kegiatan literasi pada kegiatan membaca saja namun juga perlu mengembangkan dan mencari tahu mengenai hal-hal baru yang berkaitan dengan gerakan literasi sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6927

Actions (login required)

View Item View Item