Hambatan-hambatan yang dialami guru dalam mengadakan keterampilan variasi di SDN Ardimulyo 2 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Reny Retnoningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Hambatan-hambatan yang dialami guru dalam mengadakan keterampilan variasi di SDN Ardimulyo 2 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Reny Retnoningtyas

Retnoningtyas, Reny (2018) Hambatan-hambatan yang dialami guru dalam mengadakan keterampilan variasi di SDN Ardimulyo 2 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Reny Retnoningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Retnoningtyas Reny. 2018. Hambatan-hambatan Yang Dialami Guru Dalam Mengadakan Keterampilan Variasi di SDN Ardimulyo 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Murtiningsih M.Pd. (II) Siti Umayaroh S.Pd. M.Pd. Kata Kunci hambatan guru keterampilan variasi Hambatan-hambatan yang dialami guru dalam mengadakan keterampilan variasi di SDN Ardimulyo 2 Kabupaten Malang merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi variasi pembelajaran pada RPP yang dipersiapkan guru mengidentifikasi penerapan keterampilan variasi yang dilakukan guru mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi guru SDN Ardimulyo 2 dalam mengadakan variasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari guru kelas 1 hingga kelas 6. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penerapan keterampilan variasi dan hambatan yang dialami guru dengan cara memberi skor 1 pada komponen yang muncul dan memberi skor 0 pada komponen yang tidak muncul. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa pada langkah-langkah kegiatan pembelajaran 2 dari 6 orang guru tidak membuat sendiri kegiatan pendahuluan 4 dari 6 orang guru tidak membuat sendiri kegiatan inti dan 2 dari 6 guru tidak membuat kegiatan penutup. Penerapan keterampilan variasi pembelajaran guru kelas 1 hingga kelas 6 secara berurutan mendapat skor 61 5 69 2 84 6 30 7 92 3 61 5. Data hambatan yang dialami guru kelas 1 hingga kelas 6 secara berurutan mendapat skor 60 20 20 60 20 dan 40 Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa guru telah mencantumkan variasi media pembelajaran dan variasi pola interaksi guru telah melaksanakan keterampilan variasi pada saat kegiatan pembelajaran dan hambatan yang banyak dialami guru yakni melihat kearah siswa tertentu karena terdapat siswa berkebutuhan khusus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan variasi sudah tercatum dalam RPP pelaksanaan keterampilan dasar variasi dalam pembelajaran sudah baik akan tetapi kurang optimal karena masih terdapat komponen yang tidak terlaksana dan hambatan yang dialami guru yakni melihat kearah siswa tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6926

Actions (login required)

View Item View Item