Penerapan metode membaca bersama untuk meningkatkan keterampilan memahami isi teks Bahasa Indonesia bagi siswa kelas II SDN Banjarejo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Mochamad Fatakhul Mufid

Mufid, Mochamad Fatakhul (2018) Penerapan metode membaca bersama untuk meningkatkan keterampilan memahami isi teks Bahasa Indonesia bagi siswa kelas II SDN Banjarejo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Mochamad Fatakhul Mufid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mufid, MochamadFatakhul. 2018. Penerapan metode membaca bersama untuk meningkatkan keterampilan memahami isi teks Bahasa Indonesia bagi siswa kelas II SDN Banjarejo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Mochamad Fatakhul Mufid padaPembelajaranBahasa Indonesia MenggunakanMetodeMembacaBersama. Skripsi, Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Ratna Tri Eka, M.Pd; (II) PutriMahanani, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: peningkatan, keterampilanmemahamiisiteksbacaanBahasa Indonesia, metodemembacabersama. Penelitianinidilakukanberdasarkanhasilstudipendahuluan yang dilakukanpadatanggal 15 dan 18 Januari 2018, denganpenemuanpermasalahanberuparendahnyaketerampilansiswadalammemahamiis iteksbacaan.Penelitianinimenggunakanmetodemembacabersamasebagaisolusipemeca hanmasalah yang ada, metodetersebutadalahkegiatanmembaca yang dilakukansecarakolaboratifmenggunakan media big book danbertujuanmembantusiswameningkatkanketerampilanmemahamiisiteksbacaan. Tujuandaripenelitianiniyaituuntukmengetahuibagaimanakahperencanaan, pelaksanaan, danhasilnilaiketerampilanmemahamiisiteksbacaandenganmenggunakanmetodememb acabersamadalampembelajaranBahasa Indonesia di kelas II SDN Banjarejo 1 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang denganjumlahsiswa 42 siswa. Pendekatandalampenelitianiniyaitukualitatif, dengan model deskriptif, sertajenispenelitianTindakKelas (PTK).Data dalampenelitianinidikumpulkanmenggunakanteknikobservasi, catatanlapangan, tesevaluasi, danjugadokumentasi.Hasilpenelitianiniyaitu: (1) terjadipeningkatanaktivitas guru padasetiapsiklus, padasiklus 1 persentasesebesar 73% danberakhir di siklus 2 sebesar 91%; (2) terjadipeningkatanjugapadaaktivitassiswa, padasiklus 1 persentasesebesar 82% danberakhirpadasiklus 2 denganhasil 83%; (3) terjadipenurunan data darisetiapsiklus, padasiklus 1 persentasesebesar 91,4% sedangkan di siklus 2 sebesar 88,5%. Kesimpulandaripenelitianini, yaitudenganmenggunakanmetodemembacabersamadapatmeningkatkanketerampilansi swadalammemahamiisiteksbacaanBahasa Indonesia siswakelas II SDN Banjarejo 1 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Saran daripenelitianinibagi guru di kelas II sebaiknyamenggunakan media ataumetodesebagaialatbantudalampembelajaransehinggaketerampilansiswadapatmeni ngkat, kemudianbagisekolahdapatmemberikanfasilitasberupa media sebagaialat bantu dalampembelajaran, sedangkanbagipeneliti lain dapatmenjadikanpenelitianinisebagaireverensidanmembuatterobosanbarupenggantibi g book yang lebihpraktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6925

Actions (login required)

View Item View Item