Penerapan metode membaca bersama untuk meningkatkan keterampilan memahami isi teks Bahasa Indonesia bagi siswa kelas II SDN Banjarejo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Mochamad Fatakhul Mufid - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode membaca bersama untuk meningkatkan keterampilan memahami isi teks Bahasa Indonesia bagi siswa kelas II SDN Banjarejo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Mochamad Fatakhul Mufid

Mufid, Mochamad Fatakhul (2018) Penerapan metode membaca bersama untuk meningkatkan keterampilan memahami isi teks Bahasa Indonesia bagi siswa kelas II SDN Banjarejo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Mochamad Fatakhul Mufid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mufid MochamadFatakhul. 2018. Penerapan metode membaca bersama untuk meningkatkan keterampilan memahami isi teks Bahasa Indonesia bagi siswa kelas II SDN Banjarejo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Mochamad Fatakhul Mufid padaPembelajaranBahasa Indonesia MenggunakanMetodeMembacaBersama. Skripsi Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Ratna Tri Eka M.Pd (II) PutriMahanani S.Pd M.Pd. Kata Kunci peningkatan keterampilanmemahamiisiteksbacaanBahasa Indonesia metodemembacabersama. Penelitianinidilakukanberdasarkanhasilstudipendahuluan yang dilakukanpadatanggal 15 dan 18 Januari 2018 denganpenemuanpermasalahanberuparendahnyaketerampilansiswadalammemahamiis iteksbacaan.Penelitianinimenggunakanmetodemembacabersamasebagaisolusipemeca hanmasalah yang ada metodetersebutadalahkegiatanmembaca yang dilakukansecarakolaboratifmenggunakan media big book danbertujuanmembantusiswameningkatkanketerampilanmemahamiisiteksbacaan. Tujuandaripenelitianiniyaituuntukmengetahuibagaimanakahperencanaan pelaksanaan danhasilnilaiketerampilanmemahamiisiteksbacaandenganmenggunakanmetodememb acabersamadalampembelajaranBahasa Indonesia di kelas II SDN Banjarejo 1 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang denganjumlahsiswa 42 siswa. Pendekatandalampenelitianiniyaitukualitatif dengan model deskriptif sertajenispenelitianTindakKelas (PTK).Data dalampenelitianinidikumpulkanmenggunakanteknikobservasi catatanlapangan tesevaluasi danjugadokumentasi.Hasilpenelitianiniyaitu (1) terjadipeningkatanaktivitas guru padasetiapsiklus padasiklus 1 persentasesebesar 73% danberakhir di siklus 2 sebesar 91% (2) terjadipeningkatanjugapadaaktivitassiswa padasiklus 1 persentasesebesar 82% danberakhirpadasiklus 2 denganhasil 83% (3) terjadipenurunan data darisetiapsiklus padasiklus 1 persentasesebesar 91 4% sedangkan di siklus 2 sebesar 88 5%. Kesimpulandaripenelitianini yaitudenganmenggunakanmetodemembacabersamadapatmeningkatkanketerampilansi swadalammemahamiisiteksbacaanBahasa Indonesia siswakelas II SDN Banjarejo 1 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Saran daripenelitianinibagi guru di kelas II sebaiknyamenggunakan media ataumetodesebagaialatbantudalampembelajaransehinggaketerampilansiswadapatmeni ngkat kemudianbagisekolahdapatmemberikanfasilitasberupa media sebagaialat bantu dalampembelajaran sedangkanbagipeneliti lain dapatmenjadikanpenelitianinisebagaireverensidanmembuatterobosanbarupenggantibi g book yang lebihpraktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6925

Actions (login required)

View Item View Item