Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas III SD Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / A'idatun Nikmah

Nikmah, A'idatun (2018) Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas III SD Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / A'idatun Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Nikmah, AÔÇÖidatun. 2018. Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi, Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Nihayati, S.Pd.,M.Pd., (II) Dra. Ratna Trieka Agustina, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: kemandirian belajar, hasil belajar Belajar merupakan perubahan perilaku dari tidak tahu menjadi tahu. Keberhasilan individu dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajarnya. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar ada 2 macam, faktor intern (dari dalam diri siswa) dan faktor ekstern (dari luar diri siswa). Kemandirian belajar merupakan salah satu faktor intern yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Namun, tidak semua siswa menyadari pentingnya kemandirian belajar itu dimaksimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemandirian belajar siswa; (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa; (3) menemukan ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Adapun sampel yang dipilih yakni 30% dari populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 96 siswa dengan teknik random sampling. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif non-eksperimen. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk kemandirian belajar dan dokumentasi untuk hasil belajar. Data yang diperoleh di analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasional Spearman Rank dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan 37,5% siswa memiliki tingkat kemandirian belajar yang tinggi, 31,25% siswa memiliki tingkat kemandirian belajar yang sedang, dan 31,25% siswa memiliki tingkat kemandirian belajar yang rendah. 47,92% siswa memiliki hasil belajar yang sangat baik, 36,46% memiliki hasil belajar yang baik, dan 15,62% memiliki hasil belajar yang cukup. Hasil uji korelasi didapatkan indeks korelasi rxy = 0,715. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa kemandirian belajar siswa kelas III SD Gugus II Kecamatan Kedungkandan Kota Malang termasuk dalam kategori sedang. Hasil belajar siswa kelas III SD Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang termasuk dalam kategori baik. Serta, terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar siswa, hal tersebut dikarenakan rhitung > rtabel (0,715 > 0,2591) dengan tingkat interpretasi kuat. Namun, kemandirian belajar bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan belajar siswa. Masih ada faktor lain seperti, faktor jasmani, faktor psikologis, faktor kelelahan, faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6924

Actions (login required)

View Item View Item