Pengaruh bimbingan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas II pada muatan pelajaran PKn di SDN Pagerluyung I Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto / Estilivia Retno Oktavianis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bimbingan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas II pada muatan pelajaran PKn di SDN Pagerluyung I Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto / Estilivia Retno Oktavianis

Oktavianis, Estilivia Retno (2018) Pengaruh bimbingan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas II pada muatan pelajaran PKn di SDN Pagerluyung I Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto / Estilivia Retno Oktavianis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Oktavianis Estilivia Retno. 2018. Pengaruh Bimbingan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Muatan Pelajaran Pkn Di SDN Pagerluyung I Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imron Rosyadi S.Y. S.Pd. M.Pd . (II) Drs. Sjafruddin A. R. S.Pd. M.Pd. Kata kunci bimbingan siswa hasil belajar muatan pelajaran pendidikan kewarganegaraan Buku acuan (buku guru dan buku siswa) model pembelajaran tematik adalah acuan yang bersifat minimal sehingga masih perlu adanya upaya mengoptimalkan peran guru kelas sebagai pendidik dan konselor. Guru kelas memiliki peranan yang sangat penting dalam pelaksanan bimbingan konseling dalam membentuk moral siswa karena belum adanya guru bimbingan konseling secara khusus di sekolah dasar. Bimbingan konseling bisa dilakukan dengan menjalin komunikasi dengan orang tua siswa agar berperan aktif dalam pembelajaran siswa di lingkungan rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan 1) hasil belajar siswa kelompok kontrol 2) hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan 3) mengetahui adanya pengaruh bimbingan siswa terhadap hasil belajar. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan nama randomizd Two-group Design Posttest Only. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDN Pagerluyung I Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Instrumen yang digunakan adalah acuan penilaian dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Hasil belajar siswa kelompok kontrol secara umum belum mencapai kriteria ketuntasan belajar minimum yang ditetapkan sekolah yaitu sebesar 70%. Hasil belajar siswa kelas kontrol hanya mencapai nilai rata-rata sebesar 66 38%. 2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen telah mencapai nilai rata-rata sebesar 70 14% 3) Bimbingan siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas 2 SDN Pagerluyung 1 Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto pada muatan pelajran pendidikan kewarganegaraan. Berdasarkan kesimpulan di atas diajukan saran-saran kepada 1) Kepala sekolah selaku pimpinan di sekolah disarankan untuk memberikan dukungan secara moril maupun materiil kepada guru kelas agar mengoptimalkan perannya sebagai pengajar pendidik dan konselor 2) guru kelas disarankan agar mengoptimalkan peran sebagai pendidik dan konselor dengan cara menjalin komnunikasi dengan orang tua siswa agar berperan aktif dalam kegiatan belajar bersama di rumah. Jalinan komunikasi dapat dilakukan dengan memberikan lembar komunikasi disertai instruksi kepada siswa agar siswa menyampaikan pesan tertulis melalui lembar komunikasi kepada orang tuanya 3) orang tua dan siswa disarankan agar pro aktif ikut belajar bersama anak di rumah karena pada hakekatnya upaya ini merupakan salah satu bentuk pengabdian guru kepada siswa dan orang tua siswa dalam rangka memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik. 4) Bagi Peneliti Selanjutnya diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi tentang upaya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini masih memiliki keterbatasan metode maupun subyek penelitian sehingga disarankan agar peneliti yang tertarik mengkaji tema sejenis agar melanjutkan penelitian dengan menerapkan metode lain seperti menerapkan metode penelitian tindakan kelas pada subyek penelitian pada keseluruhan siswa SD kelas rendah (Kelas 1 2 dan 3).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6923

Actions (login required)

View Item View Item