Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi konsep perubahan lingkungan pada siswa kelas V SDN Polehan 3 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Wenik Ekowati

Ekowati, Wenik (2018) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi konsep perubahan lingkungan pada siswa kelas V SDN Polehan 3 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Wenik Ekowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ekowati, Wenik. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Konsep Perubahan Lingkungan pada Siswa kelas V SDN Polehan 3 Kec. Blimbing Kota Malang. Program Studi S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. SaÔÇÖdun Akbar, M.Pd (II) Dra. Sukamti, M.Pd. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil Belajar Dari hasil pengamatan yang telah dilaksanakan di SDN Polehan 3 Kota Malang dapat diketahui beberapa permasalahan yang timbul pada mata pelajaran IPA. Adapun rincian dari permasalahan yang timbul antara lain: (1) nilai rata-rata siswa berdasarkan dari ulangan harian dan formatif hanya mencapai 60%. Nilai rata-rata tersebut masih dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 80%; (2) guru cenderung masih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran; (3) siswa kurang diberikan kesempatan untuk mengalami dan memperoleh sendiri pengetahuan yang didapat sehingga siswa menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki siswa dengan jalan meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model PBL. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Polehan 3 Kota Malang yang terdiri dari 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa. Indikasi adanya dampak yang baik terhadap hasil belajar siswa adalah adanya kenaikan rata-rata skor nilai pretes yang hanya mencapai 69,72% sudah meningkat menjadi 85,47%. Selain itu, dampak tersebut dapat dilihat dari hasil nilai formatif pada pada siklus I mencapai 77,45% meningkat menjadi 85,47% pada siklus II serta semakin berkurangnya dominasi guru dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Untuk dampak terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari semakin meningkatnya berbagai komponen aktifitas siswa belajar siswa mulai dari komponen Mengamati gambar/video, kerjasama, mengeluarkan pendapat,bertanya dan memecahkan masalah menunjukkan adanya peningkatan yang cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas hendaknya guru senantiasa dapat menerapkan model problem based learning yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Polehan 3 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6922

Actions (login required)

View Item View Item