Hubungan antara aktivitas membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa SD kelas IV Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Lailatul Nur Aviva

Aviva, Lailatul Nur (2018) Hubungan antara aktivitas membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa SD kelas IV Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Lailatul Nur Aviva. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aviva, Lailatul Nur. 2018. Hubungan Antara Aktivitas Membaca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD Kelas IV Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. A. Badawi, S.Pd.,M.Pd (II) Drs. Sumanto, M.Pd. Kata Kunci: Aktivitas Membaca, Membaca Pemahaman, SD. Aktivitas membaca memiliki manfaat melatih keterampilan berbahasa seorang siswa, salah satunya membaca. Keterampilan membaca dapat dikatakan sebagai tahap dasar dalam pembelajaran. Namun, bagi masyarakat aktivitas membaca khususnya pelajar, belum membudaya sehingga mengakibatkan kemampuan membaca yang rendah. Oleh karena itu, siswa harus mulai dibiasakan untuk mulai menyukai membaca sejak dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) mendiskripsikan aktivitas membaca pada siswa SD kelas IV Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, (2) mendiskripsikan kemampuan membaca pemahaman pada siswa SD kelas IV Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, (3) mendiskripsikan hubungan antara aktivitas membaca dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa SD kelas IV Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SD kelas IV Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dengan jumlah sampel 91 siswa dari tiga SD. Data dikumpulkan menggunakan tes dan non tes. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan korelasional yang menggunakan teknik korelasi product moment. Instrumen sebelum digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan uji validitas, reliabilitas dan uji normalitas. Hasil uji korelasi terhadap hubungan antara aktivitas membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa SD kelas IV Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang menunjukkan bahwa rxy sebesar 0,644 lebih besar dari harga kritik rtabel dengan taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,202 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara aktivitas membaca dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa SD kelas IV Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Setelah diketahui ada hubungan, selanjutnya hasil analisis data tersebut ditabulasikan ke dalam tabel interpretasi nilai r. Besar nilai r diantara 0,600 sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh aktivitas membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman dapat dikategorikan tinggi. Adapun saran (1) membaca merupakan jendela dunia, namun, hal yang terjadi pada siswa jaman sekarang adalah minat atau kebiasaan membaca mereka masih sangat rendah, oleh karena itu sangat penting menumbuhkan minat dan kebiasaan membaca pada siswa sejak dini dan (2) kemampuan membaca pemahaman hendaknya dilatih sejak dini karena pelajaran membaca bermanfaat untuk mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6921

Actions (login required)

View Item View Item