Penerapan model group investigation untuk meningkatkan pembelajaran IPA materi Gaya kelas IV SDN 4 Babadan Ngajum Kabupaten Malang / Novita Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model group investigation untuk meningkatkan pembelajaran IPA materi Gaya kelas IV SDN 4 Babadan Ngajum Kabupaten Malang / Novita Wulansari

Wulansari, Novita (2018) Penerapan model group investigation untuk meningkatkan pembelajaran IPA materi Gaya kelas IV SDN 4 Babadan Ngajum Kabupaten Malang / Novita Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wulansari Novita. 2018.Penerapan Model Group Investigation untukMeningkatanPembelajaranIPAMateri Gaya Kelas IV SDN 4 Babadan NgajumKabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Sri EstuWinahyu M.Pd (II) Drs.Toha Mashudi S.Pd. M.Pd Kata Kunci model group investigation pembelajaran Group Investigationmerupakan model pembelajaranyang menugaskan siswa untuk belajar secara berkelompok siswasecaraberkelompokmengalami dan melakukanpercobaansecaraaktif yang memungkinkannyamenemukanprinsip. Diharapkankemampuansiswadalamberpikirdapatmeningkatkan lebihkritis lebihkreatif pengetahuan yang diperolehakanbenar-benardimilikisiswadenganbaik.Tahapan-tahapan yang akandilakukan pada model group investigation yakni (1)pengelompokan (2)perencanaan (3)penyelidikan (4)pengorganisasian (5)presentasi (6)evaluasi. Berdasarkanhasilobservasiditemukanbahwa (1) aktivitas guru masihterbatas pada menjelaskanmateri dan pemberiantugas (2) aktivitassiswaterbatas padamendengarkanmateridan mengerjakantugasdari guru (3) hasilbelajarsiswamenunjukkanbahwasebagianbesarsiswabelum memenuhi KKM. Penelitianinibertujuanuntuk mendeskripsikan (1) penerapan model Group Investigation pada siswa kelas IV SDN 4 Babadan Kabupaten Malang (2) aktivitas siswa dengan diterapkannya model group investigation pada siswa kelas IV SDN 4 BabadanKabupaten Malang (3) hasil belajar siswa setelah penerapan model group investigation pada pembelajaran IPA materi gaya. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitiandilaksanakan di kelasIV SDN 4 BabadanNgajumKabupaten Malang dengansubjekpenelitian 31siswa. Hasil penelitiandiketahuibahwadalampembelajaran guru sudahmelaksanankanpembelajaransesuaitahap-tahap yang terdapatdalam model group investigation. Aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 4 Babadan Ngajum Kabupaten Malang meningkat dari siklus I rata-rata nilai aktivitas siswa mencapai80 88 siklus II mengalami peningkatan menjadi 96 8. Hasil belajar siswa mengalamipeningkatan pada observasipratindakan nilairata-rata 59 5dengan persentase ketuntasan klasikal13% . Pada siklus I rata-ratamenjadi 66 25denganketuntasanklasikal 39% siklus II dengannilai rata-rata 83 2 dan persentaseketuntasanklasikal 81%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkanpenerapan model group investigation dapatmeingkatkanpembelajaran IPA kelasIV di SDN 4 Babadan Ngajum KabupatenMalang. Disarankan guru menerapkan model group investigation dalampembelajaran IPA agar siswalebihaktif dan lebihmudah memahamimateri yang sedangdipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6920

Actions (login required)

View Item View Item