Pemanfaatan media gambar ilustrasi untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III SDN Sruni 2 Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo / Nurul Hidayati

Hidayati, Nurul (2018) Pemanfaatan media gambar ilustrasi untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III SDN Sruni 2 Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo / Nurul Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati Nurul. 2016. Pemanfaatan Media Gambar Ilustrasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas III SDN Sruni 2 Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Kata Kunci Keterampilan Menulis Puisi Media Gambar Ilustrasi SD Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan menulis puisi siswa kelas III SDN Sruni 2. Hal ini dikarenakan banyak sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menulis puisi karena belum mampu dalam membayangkan hal-hal yang akan ditulisnya mengembangkan gagasan atau ide dan perbendaharaan kata yang diperoleh masih sedikit makna kata dalam puisi yang dihasilkan siswa juga belum memiliki keterkaitan. Kecenderungan tersebut disebabkan karena pembelajaran yang diterapkan guru bersifat teacher centered dan masih menggunakan metode konvensional serta jarang menggunakan media dampaknya pembelajaran sangat verbal sehingga siswa kurang memahami maksud materi yang dijelaskan. Berdasarkan kecenderungan tersebut peneliti mengadakan inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi dengan memanfaatkan media gambar ilustrasi. Tujuan penelitian ini antara lain 1) mendeskripsikan peningkatan aktifitas siswa kelas III dalam mengikuti proses pembelajaran menulis puisi melalui media gambar ilustrasi di SDN Sruni 2 Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo 2) mendeskripsikan peningkatan kinerja guru dalam menerapkan pembelajaran menulis puisi melalui media gambar ilustrasi di SDN Sruni 2 Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo 3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi melalui media gambar ilustrasi siswa kelas III SDN Sruni 2 Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian di sini adalah siswa-siswi kelas III SDN Sruni 2 dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis puisi siswa. Teknik nontes digunakan untuk mengobservasi aktivitas siswa dan kinerja guru. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Setelah peneliti menggunakan media gambar ilustrasi maka kemampuan menulis puisi mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada data masing-masing siklus secara garis besar peningkatan keberhasilan rata-rata dari prasiklus ke siklus I sangat signifikan yaitu dari rata-rata 58 (47%) menjadi 74 (78%) peningkatan dari siklus I ke siklus II juga sangat signifikan yaitu dari rata-rata 74 (78%) menjadi 90 (94%). Aktivitas siswa siklus I memperoleh kategori Baik meningkat pada siklus II menjadi kategori Sangat Baik. Kinerja guru siklus I memperoleh kategori Baik meningkat pada siklus II menjadi kategori Sangat Baik. Hal ini terbukti bahwa media gambar ilustrasi dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi kelas III SDN Sruni 2 Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6919

Actions (login required)

View Item View Item