Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif pada mata pelajaran bahasa daerah materi aksara Jawa dan sandhangan untuk kelas IV SD / Rosy Kamalyyah

Kamalyyah, Rosy (2018) Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif pada mata pelajaran bahasa daerah materi aksara Jawa dan sandhangan untuk kelas IV SD / Rosy Kamalyyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kamalyyah, Rosy. 2018. Pengembeangan Media PembelajaranPowerpointInteraktifpada Mata Pelajaran Bahasa Daerah MateriAksaraJawadanSandhanganuntukKelas IV SD. Skripsi, S-1 Pendidikan Guru SekolahDasar, JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. A. Badawi, S.PD., M.Pd, (2) Drs. Sumanto, M.Pd. Kata kunci: media pembelajaran, powerpointinteraktif, matapelajaran Bahasa Daerah, materiAksaraJawadanSandhangan. Berdasarkanhasilpengamatan di SDN Kotalama 1 Kota Malang, diperolehtemuanmasalahdalamkegiatanbelajarmengajar di kelas guru hanyamenggunakan media poster yang berisikangambarmaupuntulisan,guru belummenggunakan media pembelajaraninteraktif yang dapatmenarikperhatiansiswa.Hal inimembuatsiswakurangtertarikuntukbelajarmemahamiaksaraJawa.Namun, jikapadapembelajaran guru menyusunkegiatan yang bervariatifdengandibantu media yang menariksepertidenganmenayangkanmateripada LCD denganbeberapagambar yang menarikmakasiswalebihmenjadilebihmemperhatikanmateridanantusiasdalampembelajaran. Dari kendala yang ditemukan di atas, penelitimencobamengajukanpenelitiantentang media powerpointinteraktif. Penelitimengajukan media powerpointinteraktifsebagaialatpenunjangdalammelaksanakanpembelajaran yang aktif, efektif, danmenciptakansuasanabelajar yang menyenangkan. Selainitusetiapkelas juga sudahdilengkapidengan LCD dan guru juga sudahmemilikikemampuanuntukmenjalankannya. Penelitiandanpengembanganinimenggunakan model pendekatan yang dirancangdandikembangkanoleh Dick and Carey yang terdapat 10 langkah, yaitu: (1) analisikebutuhandantujuan, (2) analisispembelajaran, (3) analisispebelajar (siswa) dankonteks, (4) merumuskantujuanperformasiatauunjukkerja, (5) mengembangkaninstrumenataualattes, (6) mengembangkanstrategipembelajaran, (7) mengembangkandanmemilihbahanpembelajaran, (8) merancangdanmelakukanevaluasiformatif, (9) melakukanrevisi, dan (10) melakukanevaluasisumatif. Berdasarkanhasilvalidasiahli media, ahlimateri, danpengguna (guru)diperoleh saran dankomentar, media pembelajaraninitelahdirevisidandikajisesuaidenganteori-teori yang telahdipaparkan.Dengandemikian, pengembangan media powerpointinteraktifpadamateriAksaraJawadanSandhanganuntukkelas IV SD dapatdigunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6918

Actions (login required)

View Item View Item