Penggunaan metode drill untuk meningkatkan keterampilan bermain alat musik rekorder pada siswa kelas IV SDN Tanjungharjo IV Bojonegoro / Dika Muchammad Irsyad

Irsyad, Dika Muchammad (2018) Penggunaan metode drill untuk meningkatkan keterampilan bermain alat musik rekorder pada siswa kelas IV SDN Tanjungharjo IV Bojonegoro / Dika Muchammad Irsyad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irsyad, Dika M. 2015.Penggunaan Metode Drill untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Alat Musik Rekorder pada Siswa Kelas IV SDN Tanjungharjo IV Bojonegoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. I Made Seken, M.Pd (2) Drs. Sumanto, M.Pd. Kata Kunci: MetodeDrill, KeterampilanBermain, Rekorder. Berdasarkan hasil pengamatan,diperoleh fakta kualitas pembelajaran Seni Budaya Keterampilan (SBK) yang rendah. Guru tidak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan alat musik rekorder, siswa hanya melakukan kegiatan mendengar, mencatat, mengerjakan tugas, dan sesekali menjawab pertanyaan guru secara bersama-sama. Hal tersebut tidak cocok diterapkan pada materi bermain alat musik melodis rekorder yang memerlukan metode secara langsung kepada siswa. Siswa perlu mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan alat musik secara langsung disertai latihan berulang. Metode yang sesuai dengan kriteria tersebut adalah metode drill. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan metode drill dalam pembelajaran SBK melalui bermain alat musik rekorder siswa kelas IV SDN Tanjungharjo IV Bojonegoro, (2) meningkatkan keterampilan bermain alat musik rekorder pada siswa kelas IV SDN Tanjungharjo IV Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 KBM. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tanjungharjo IV Bojonegoro yang berjumlah 36 siswa.Metode drill digunakan pada pembelajaran SBK Standart Kompetensi 12 Mengekspresikan diri melalui karya seni musik pada Kompetensi Dasar 12.1 Memainkan alat musik melodis sederhana dengan indikator memainkan alat musik melodis rekorder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode drill dapat meningkatkan: keterampilan siswa padaSiklusI memperoleh rata-rata 69,13 meningkat menjadi 85,88 padaSiklus II.Peningkatanketerampilansiswatersebutdipengaruhiolehfaktorsiswa yang telahterbiasabermaindenganalatmusikrekordermelaluilatihanberulang. Berdasarkanhasiltersebut penulis dapat memberikan kesimpulan bahwa penggunaan metode drill dapat meningkatkan keterampilan bermain alat musik rekorder kelas IV SDN Tanjungharjo IV. Saran dalam penelitian ini adalahsupayametode drilldapat dipertimbangkan untuk digunakan pada pembelajaran SBKmateribermainalatmusikmelodisrekordersebagai metode yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan bermain alat musik rekorder.Apabilaterdapatpeneliti yang inginmenelitimasalah yang sama, hendaknyapenelitianiniditindaklanjutidenganmemperpanjangwaktupenelitiansepertimenambah jam pelajaran.  

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6916

Actions (login required)

View Item View Item