Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Negeri Sawojajar 3 Kota Malang / Ninik Sulis Setiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Negeri Sawojajar 3 Kota Malang / Ninik Sulis Setiani

Setiani, Ninik Sulis (2018) Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Negeri Sawojajar 3 Kota Malang / Ninik Sulis Setiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiani Ninik Sulis. 2018. Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Negeri Sawojajar 3 Kota Malang. Skiripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sjafruddin A.R S.Pd. M.Pd. (2) Putri Mahanani S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kebiasaan Membaca Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Kebiasaan membaca sangat penting bagi peserta didik. Dalam menjalani proses pendidikan ilmu yang diperoleh peserta didik tidak hanya didapat dari proses kegiatan belajar mengajar di sekolah akan tetapi juga didapat dari kegiatan membaca dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil pengamatan siswa kelas V dalam mengikuti kegiatan literasi masih terdapat siswa yang tidak mengikuti kegiatan dengan baik. Serta dalam kegiatan menulis siswa masih belum lancar dalam menulis karangan. Peneltian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kebiasaan membaca pada siswa kelas V SDN Sawojajar Kota Malang (2) Mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi siswa di kelas V SDN Sawojajar 3 Kota Malang (3) Mendeskripsikan hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan siswa menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Sawojajar Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Sawojajar 3 kota Malang. Peneliti mengambil sampel seluruh dari anggota populasi yaitu sebanyak 39 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket kebiasaan membaca dan tes menulis karangan narasi beserta rubrik penilaian hasil menulis. Hasil penelitian menunnujukkan bahwa (1) dari 39 subyek penelitian ditemukan bahwa siswa kelas V SD Negeri Sawojajar 3 Kota Malang memiliki tingkat kebiasaan membaca pada kategori sedang. Dapat diketahui sebanyak 5 siswa (12 8%) memiliki kebiasaan membaca pada kategori tinggi. Sebanyak 27 siswa (69%) pada kategori sedang dan pada kategori rendah sebanyak 5 siswa (17 2%) (2) dari 39 subyek penelitian ditentukan bahwa siswa kelas V SD Negeri Sawojajar 3 kota Malang memiliki tingkat kemampuan menulis karangan narasi pada kategori sedang. Sebanyak 8 siswa (20 51%) berada pada kategori tinggi. Sebanyak 26 siswa (66 67%) pada kategori sedang. Serta pada kategori rendah sebanyak 5 siswa (12 82%). Dari hasil perhitungan korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Sawojajar 3 kota Malang hal ini dibuktikan dengan rhitung 0 426 lebih besar dari pada rtabel (n 39) pada taraf signifikansi 5% 0 316 0 426 0 316). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan membaca siswa dengan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Sawojajar 3 kota Malang. Diharapkan guru dan orang tua dapat meningkatkan kebiasaan membaca siswa sejak dini. Bagi sekolah diharapkan melengkapi fasilitas berupa buku-buku yang cukup bagi siswa untuk meningkatkan kebiasaan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6915

Actions (login required)

View Item View Item