Penggunaan Media Pop Up Book untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN I Gondanglegi Kulon / Tantyas Shilviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan Media Pop Up Book untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN I Gondanglegi Kulon / Tantyas Shilviana

Shilviana, Tantyas (2018) Penggunaan Media Pop Up Book untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN I Gondanglegi Kulon / Tantyas Shilviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Shilviana Tantyas. 2018. Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN 1 Gondanglegi Kulon Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dimyati S.Pd M.Pd. (II) Dra. Sukamti M.Pd. Kata Kunci Media pop up book Keterampilan menulis Sekolah Dasar SDN 1 Gondanglegi Kulon merupakan salah satu sekolah dasar yang terletak di Kabupaten Malang tepatnya di Kecamatan Gondanglegi. Berdasarkan hasil observasi yang ditemukan di sekolah tersebut dapat dikatakan bahwa perhatian dalam menjelaskan dan memahami keterampilan menulis karangan narasi ini kurang yang pada akhirnya memicu kurangnya kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi. Oleh karena itu perlu dilakukannya peningkatan keterampilan menulis karangan narasi salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dengan menggunakan media pop up book untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN 1 Gondanglegi Kulon bagaimana aktivitas siswa kelas V SDN 1 Gondanglegi Kulon dalam pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan media pop up book dan bagaimana kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media pop up book pada siswa kelas V SDN 1 Gondanglegi Kulon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan rancangan penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 1 Gondanglegi Kulon Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui berupa observasi dokumentasi tes dan catatan lapangan. Analisis data melalui pengumpulan data reduksi data dan pemaparan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi perubahan aktivitas guru. pembelajaran menulis karangan narasi telah dilaksanakan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan urutan langkah-langkah kegiatan yang telah dibuat sebelumnya. Terbukti dari munculnya langkah-langkah menyampaikan materi dengan menggunakan media pop up book yang pada pra tindakan belum disampaikan dilaksanakan oleh guru. Siswa menjadi lebih aktif terlibat dalam tahap-tahap penulis karangan narasi terlihat dari meningkatnya rata-rata aktivitas siswa yaitu 75 5 pada siklus I pertemuan 1 dengan kualifikasi baik siklus I pertemuan 2 80 5 dengan kualifikasi sangat baik siklus II pertemuan 1 89 5 dengan kualifikasi sangat baik dan siklus II pertemuan 2 96 8 dengan kualifikasi sangat baik. begitu juga dengan hasil keterampilan menulis karangan juga mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar dengan penggunaan media pop ii up book. Nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan setiap siklus. Sebelum menggunakan media pop up book nilai rata-rata kelas 68 dengan ketuntasan klasikal sebesar 40 9%. Setelah menggunakan media pop up book nilai rata-rata pada siklus I naik menjadi 70 7 dengan ketuntasan klasikal 54 5%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79 5 dengan ketuntasan klasikal 86 4%. Penggunaan media pop up book juga meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Rata-rata keaktifan siswa pada siklus I yaitu 74 8 termasuk dalam kategori baik. Pada siklus II rata-rata keaktifan siswa yaitu 80 2 yang dikategorikan sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop up book dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa. Selain itu dapat membuat siswa bersemangat dan aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu guru disarankan menggunakan media pembelajaran pop up book karena selain dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi penggunaan media ini dapat membantu siswa aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6913

Actions (login required)

View Item View Item