Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Dan Tanda Baca pada Karangan Deskriptif Siswa Kelas V SD Se-Gugus17 Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun / Resti Damayanti

Damayanti, Resti (2018) Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Dan Tanda Baca pada Karangan Deskriptif Siswa Kelas V SD Se-Gugus17 Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun / Resti Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Damayanti Resti. 2018. Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Dan Tanda Baca pada Karangan Deskriptif Siswa Kelas V SD Se-Gugus17 Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs Achmad Taufik M.Pd (II) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata kunci Analisis Huruf Kapital Tanda Baca Karangan Deskriptif Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SD Se-Gugus 17 Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun pada tanggal 8-9 Maret 2018 diperoleh informasi dari guru kelas V bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesalahan ejaan dalam karangan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertujuan untuk mengetahui kesalahan huruf kapital dan tanda baca yang dibuat oleh siswa dalam menulis karangan deskriptif yang difokuskan pada (1) kesalahan penulisan huruf kapital (2) kesalahan penulisan tanda baca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriprif kualitatif yaitu metode yang melibatkan peneliti secara langsung untuk mengamati objek yang sedang diteliti. Kemudian data yang terkumpul dari hasil penelitian dideskripsikan dan dianalisis dalam bentuk kata-kata. Hasil penelitian ini ditemukan pada penulisan huruf kapital kesalahan terbesar yang paling sering dilakukan siswa yaitu pada penulisan huruf pertama kata awal kalimat dan kesalahan penulisan huruf kapital dipertengahan kata dalam kalimat. Kesalahan tersebut terlihat pada pemulaan kalimat baik awal kalimat maupun pergantian kalimat. Indikasi kesalahan ini sering terjadi Pertama adanya keterbiasaan dari siswa itu sendiri. Kedua siswa tidak terlatih menulis huruf kapital pada huruf pertama awal kalimat. Pada tanda baca kesalahan terbanyak yaitu kesalahan penulisan tanda titik pada akhir kalimat. Indikasi yang menyebabkan kesalahan ini terjadi pertama ketidaktelitian siswa setelah akhir kalimat menggunakan tanda titik sehingga siswa kurang memperhatikan kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Kedua ketidaktahuan siswa akan penempatan tanda titik ketika akhir kalimat. Faktor lain penyebab kesalahan yaitu motivasi belajar siswa rendah respon dan sikap siswa yang kurang baik selama proses belajar guru yang hanya menghandalkan metode ceramah dan lebih menekankan aspek teoretikal dari pada keterampilan praktis bahasa tulis dan materi ajar yang kurang dipahami siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6912

Actions (login required)

View Item View Item