Peningkatan hasil belajar subtema Keunikan daerah Tempat Tinggalku melalui model two stay two stray pada kelas IV SDN Tanjungsari 01 Kota Blitar / Wenda Bonizita Ledis

Ledis, Wenda Bonizita (2018) Peningkatan hasil belajar subtema Keunikan daerah Tempat Tinggalku melalui model two stay two stray pada kelas IV SDN Tanjungsari 01 Kota Blitar / Wenda Bonizita Ledis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ledis,Wenda Bonizita. 2018. Penigkatan Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Melalui Model Two Stay Two Stray Pada Kelas IV SDN Tanjungsari 01 Kota Blitar. Skripsi, Prodi S1-Pendidikan Guru SekolahDasar, JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah, FakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Tri Murti, S.Pd.,M.Pd., (2) Prof. Dr. H. M Zainudin, M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, muatan ips, model pembelajaran two stay two stray Hasil observasi pembelajaran muatan IPS yang dilakukan di SDN Tanjungsari 01 Kota Blitar adalah(1) Pembelajaran berpusatpada guru (2) siswa kurang dilibatkan secara aktif (3) sumber belajar siswa hanya buku siswa dan buku guru, (4) kurangnya motivasi dalam menggali informasi, maupun menyampaikan pendapat, dan (6) terdapat 16 siswa dari 28 siswa yang hasil belajarnya belummemenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penerapan pembelajaran model two stay two stray muatan IPS (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada muatan IPS melalui model two stay two stray. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dua siklus dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 85% dengan kriteria baik dan siklus II sebesar 100% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 82% dengan kriteria baik dan siklus II sebesar 97% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa aspek sikap pada siklus I dan siklus II muncul pada sikap bekerjasama, bertanggung jawab, dan disiplin yang sudah melebihi 14 siswa. Hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 64,28% dan pada siklus II ketuntasan klasikal dinyatakn tuntas dengan persentase sebesar 92,85%. Hasil belajar aspek keterampilan juga mengalami peningkatan pada siklus I terdapat 18 siswa yang tuntas dan meningkat menjadi siswa pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model two stay two stray dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Selain itu juga dapat memberikan pengalaman belajar baru bagi siswa sehingga siswa lebih semangat mengikuti kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6910

Actions (login required)

View Item View Item