Kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri pada siswa kelas IV SD Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Meggita Octaviola Widyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri pada siswa kelas IV SD Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Meggita Octaviola Widyani

Widyani, Meggita Octaviola (2018) Kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri pada siswa kelas IV SD Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Meggita Octaviola Widyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Widyani Meggita Octaviola. 2018. Kemampuan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Gambar Seri Pada Siswa Kelas IV SD Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. (II) Drs. Imam Nawawi M.Si. Kata Kunci Kemampuan Menulis Karangan Narasi Gambar Seri Kecenderungan guru pada umumnya memakai pendekatan konvensional dalam pembelajaran menulis karangan sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung monoton dan membosankan terlebih siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam proses belajar mengajar. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi permasalahan tersebut salahsatunya ialah dengan menggunakan gambar seri. Ada dua alasan penulis memilih keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui gambar seri yaitu a) siswa dapat lebih aktif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran b) siswa tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang tahun ajaran 2017/2018 ditinjau dari aspek logika dan aspek linguistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Dalam penelitian ini sumber data diperoleh dari tes non objektif (uraian) membuat karangan narasi. Berdasarkan hasil tes menulis karangan narasi ditinjau dari aspek logika siswa yang memasuki kualifikasi sangat mampu 19 23% mampu 23 07% cukup 19 23% kurang mampu 25 96% dan tidak mampu 12 5%. Ditinjau dari aspek linguistik siswa yang memasuki kualifikasi sangat mampu 1 92% mampu 6 73% cukup 27 88% kurang mampu 27 88% dan tidak mampu 35 57%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi siswa berdasarkan gambar seri ditinjau dari aspek logika termasuk dalam kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata 61 8. Sedangkan ditinjau dari aspek linguistik termasuk dalam kualifikasi kurang mampu dengan nilai rata-rata 46 49. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi guru kelas untuk merancang pembelajaran dan memilih metode yang digunakan agar pembelajaran lebih menyenangkan. Selain itu juga sebagai bahan masukan bagi sekolah dalam meningkatkan sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih baik. Serta bagi peneliti lain diharapkan dapat menambahkan metode dan media pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6908

Actions (login required)

View Item View Item