Kemampuan menulis kalimat langsung dan tidak langsung pada kelas IV di SD se-Gugus 1 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang / Amalia Gholib Tahani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis kalimat langsung dan tidak langsung pada kelas IV di SD se-Gugus 1 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang / Amalia Gholib Tahani

Tahani, Amalia Gholib (2018) Kemampuan menulis kalimat langsung dan tidak langsung pada kelas IV di SD se-Gugus 1 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang / Amalia Gholib Tahani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Tahani Amalia Gholib. 2018. Kemampuan Menulis Kalimat Langsung dan Tidak Langsung pada Kelas IV SD Se-Gugus 1 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Badawi S.Pd M.Pd. (II) Dr. I Made Suardana S.Pd. M.Pd Kata Kunci Kalimat Langsung Kalimat Tidak Langsung Ketepatan Ejaan dan Kemampuan Menulis Menulisan kalimat yang baik dengan memperhatikan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Jika tanda bacanya salah maka dapat membuat makna atau pemahaman dari kalimat tersebut berbeda dari yang seharusnya. Berdasarkan data awal diperoleh dari 30 siswa kelas IV 21 diantaranya mengalami kesalahan ejaan dalam penulisan kalimat langsung 19 diantaranya mengalami kesalahan menuliskan perubahan kata ganti orang dalam penulisan kalimat tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan menulis kalimat langsung dan tidak langsung pada siswa kelas IV. Penelitian ini dilakukan di SD Se-Gugus 1 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 50 siswa. Data dalam penelitian ini melalui teknik tes menulis kalimat langsung dan tidak langsung. Data yang diperoleh berupa kemampuan menulis kalimat langsung dan tidak langsung siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menuliskan kalimat langsung yaitu sebanyak 5 siswa rentangan angka persentase 81%-100%. Sebanyak 22 siswa rentangan angka persentase 61%-80%. Sebanyak 8 siswa rentangan angka persentase 41%-60%. Sebanyak 15 siswa rentangan angka persentase 21%-40%. Kemampuan siswa dalam menuliskan kalimat tidak langsung yaitu sebanyak 2 siswa rentangan angka persentase 81%-100%. Sebanyak 30 siswa rentangan angka persentase 61%-80%. Sebanyak 3 siswa rentangan angka persentase 41%-60%. Sebanyak 15 masuk rentangan angka persentase 21%-40%. Dari data sampel siswa kelas IV SD Se-Gugus 1 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang bahwa rata-rata siswa dalam menuliskan kalimat langsung sebesar 57 3% masuk ke dalam kategori cukup. Rata-rata siswa dalam menuliskan kalimat tidak langsung sebesar 56 7% masuk ke dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdapat hal yang perlu diperhatikan oleh pihak terkait yaitu guru dan peneliti lain agar membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6907

Actions (login required)

View Item View Item