Kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas III SDN Gugus 2 Kedungkandang Kota Malang tahun pelajaran 2017/2018 / An Nisa Nur Rachma - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas III SDN Gugus 2 Kedungkandang Kota Malang tahun pelajaran 2017/2018 / An Nisa Nur Rachma

Rachma, An Nisa Nur (2018) Kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas III SDN Gugus 2 Kedungkandang Kota Malang tahun pelajaran 2017/2018 / An Nisa Nur Rachma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Rachma An Nisa Nur. 2018. Kemampuan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas III SDN Gugus 2 Kedungkandang Kota Malang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. (II) Dr. Sutarno M.Pd. Kata Kunci kemampuan siswa menulis surat pribadi Menulis surat pribadi merupakan salah satu kompetensi dasar pada muatan Bahasa Indonesia di kelas III tingkat Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SDN Madyopuro 2 di kelas III ditemukan masih banyak kesalahan yang dibuat oleh siswa saat membuat surat pribadi misalnya pada penulisan komponen surat pribadi dan ejaan. Tujuan dari penelitian ini pertama untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas III dilihat dari aspek komponen suratnya. Kedua untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas III dilihat dari aspek kebahasaannya. Pendekatan dan jenis penelitian yang dipilih digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang diambil dari penelitian ini berjumlah 97 siswa diambil dari populasi keseluruhan yang berjumlah 322 siswa dari kelas III SDN Gugus 2 Kedungkandang Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitan ini berupa tes. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis surat pribadi siswa dilihat dari aspek komponen surat pribadi pada kategori sangat baik sebanyak 8 siswa (8%) kategori baik sebanyak 23 siswa (24%) kategori cukup sebanyak 51 siswa (53%) kategori kurang sebanyak 13 siswa (13%) dan kategori kurang sekali sebanyak 2 siswa (2%). Kedua kemampuan menulis surat pribadi siswa dilihat dari aspek kebahasaan pada kategori sangat baik sebanyak 2 siswa (2%) kategori baik sebanyak 10 siswa (10%) kategori cukup sebanyak 53 siswa (55%) kategori kurang sebanyak 27 siswa (28%) dan kategori kurang sekali sebanyak 5 siswa (5%). Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan. Pertama kemampuan menulis surat pribadi siswa dilihat dari aspek komponen surat pribadi diperoleh rata-rata nilai akhir sebesar 74 6% yang mana berada pada kategori cukup. Kedua kemampuan menulis surat pribadi siswa dilihat dari aspek kebahasaan diperoleh rata-rata nilai akhir sebesar 68 0% yang mana berada pada kategori cukup. Guru hendaknya selalu membimbing siswa dengan mengingatkannya ketika menulis surat pribadi agar mencermati aspek komponen surat serta kebahasaan. Peneliti selanjutnya dapat mengkaji kemampuan yang sama dengan kompetensi yang berbeda atau meningkatkan kemampuan di tempat penelitian yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6906

Actions (login required)

View Item View Item